Peringati Hari Pangan Sedunia, DKPP Agam Gelar Bazar Pangan Murah dan Luncurkan Kios Pangan Terjangkau

Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia 2024, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Agam menyelenggarakan Kegiatan Gerakan Pangan Murah di halaman Kantor DKPP, Lubuk Basung, pada Rabu (16/10).

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Agam, Dr. Endrizal, SE, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan momentum yang sangat penting untuk memastikan ketersediaan pangan di tengah tantangan inflasi.

“Jika kebutuhan pangan masih kurang, harga akan naik. Oleh karena itu, kita dorong agar ketersediaan pangan benar-benar tercukupi, serta distribusi pangan berjalan lancar. Dengan kolaborasi yang baik dari semua pihak, ketahanan pangan dapat terjaga,” ujarnya.

Endrizal juga menekankan pentingnya diversifikasi usaha, peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) petani, aksesibilitas, dan produktivitas yang lebih baik.

“Mari kita dorong bersama agar produktivitas pangan meningkat,” tambahnya.

Kepala DKPP Agam, Rosva Deswira, dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan akses pangan murah dan terjangkau bagi masyarakat sebagai salah satu upaya konkrit dalam pengendalian inflasi.

“Hari ini, kami menyediakan beberapa komoditas pangan murah, seperti beras, cabai merah, telur, bawang merah, minyak goreng, dan aneka sayuran,” ungkap Rosva.

Selain itu, masyarakat juga berkesempatan mendapatkan bibit gratis cabai merah, terong, dan bawang merah.

“Kami menyediakan pojok pangan untuk menguji sampel formalin dan pestisida pada bahan pangan di pasaran. Setiap hari, bidang konsumsi dan keamanan pangan membuka layanan ini,” tambahnya.

DKPP Agam juga meluncurkan kios pangan yang melibatkan UMKM dan menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan pasar.

“Kami juga mengingatkan masyarakat untuk menghentikan kebiasaan boros pangan,” tutup Rosva.