Agam Kembali Gelar ``One Cabor One Event``

Kabupaten Agam melalui KONI Kabupaten Agam, kembali menggelar One Cabor One Event yang merupakan agenda KONI Kabupaten Agam. Kali ini yang dipertandingkan adalah Pencak Silat.
Kejuaraan ini berlangsung di GOR Rang Agam, Padang Baru, Lubuk Basung, yang dibuka oleh Pjs Bupati Agam, Dr. Endrizal, SE, MSi dan dihadiri oleh kepala OPD, Pengurus KONI Agam, Pimpinan Perguruan Silat, serta berbagai pihak terkait, Rabu, 10 Oktober 2024 yang diikuti lebih dari 360 atlet putra dan putri.

Dalam pidato pembukaannya, Dr. Endrizal SE MSi menekankan bahwa kejuaraan ini adalah bagian dari upaya pemerintah daerah dalam program one cabor one iven dan pengurus pencak silat untuk memasyarakatkan olahraga serta membina cabang olahraga pencak silat. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang pencarian atlet berbakat untuk dipersiapkan menghadapi kompetisi yang lebih besar di masa depan.

"Kejuaraan ini kita laksanakan dalam rangka kegiatan One Cabor One Event untuk memasyarakatkan olahraga serta mencari atlet-atlet terbaik," ujar Endrizal.

Ia juga menambahkan bahwa selain mencari talenta, kejuaraan ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi antar-pesilat di Kabupaten Agam, mengembangkan minat dan bakat dalam pencak silat, serta melestarikan seni dan budaya bangsa dengan mengedepankan semangat sportivitas.

 "Junjung tinggi nilai-nilai sportivitas dalam pertandingan," tegasnya.

Kejuaraan ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai 10 hingga 13 Oktober 2024, dengan memperebutkan Piala Bupati Agam Tahun 2024. Dewan juri yang bertugas merupakan juri bersertifikat di level Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, hingga tingkat nasional.

 Para pemenang juara 1, 2, dan 3 di setiap kategori akan menerima trofi serta uang pembinaan, yang akan diserahkan pada hari terakhir pelaksanaan kejuaraan.