Dinkes Agam Selenggarakan Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Hari Kesehatan Nasional

AGAM, KOMINFO - Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke 58 tanggal 12 November 2022, Dinas Kesehatan Kabupaten Agam selenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis di kantor Dinkes Lubuk Basung, Rabu (9/11).

 

Ratusan masyarakat sangat antusias dengan pemeriksaan kesehatan gratis dengan melakukan screening kesehatan penyakit tidak menular usia produktif meliputi cek tekanan darah, pengukuran tinggi dan berat badan, kolesterol, asam urat serta gula darah.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, dr Hendri Rusdian, M.Kes mengatakan kegiatan ini bertujuan agar ASN dan masyarakat merasakan suasana HKN untuk melakukan pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat yang merupakan sumber penyakit utama seperti jantung dan diabetes.

 

“Ini sangat penting, dengan deteksi dini masyarakat mengetahui kadar gula darah dan kolesterol penyebab penyakit _silent killer_ seperti jantung, diabetes dan tekanan darah tinggi,” ucapnya.

 

Dokter Hendri melanjutkan bagi masyarakat yang terindikasi pemeriksaan yang tidak normal maka diarahkan ke puskesmas untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

Pemeriksaan kesehatan gratis ini Dinkes Agam bekerja sama dengan tim kesehatan dari Puskesmas Lubuk Basung dan Puskesmas Manggopoh serta menyediakan buah-buahan serta air mineral.

 

Tim Kesehatan Puskemas Manggopoh, Nidia Feriyani menyampaikan harapannya agar masyarakat rutin melakukan cek kesehatan minimal satu tahun sekali dan aktif melakukan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) 

 

“Masyarakat dapat melakukan 7 kegiatan germas yakni lakukan aktifitas fisik, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak konsumsi alkohol, lakukan pemeriksaan kesehatan rutin, jaga kebersihan lingkunan dan gunakan jamban sehat,” jelasnya.