Jambore Panti Asuhan Digelar Bupati Andri Warman : Semua Anak-anak Harus Kita Beri Perhatian

Lembaga Koordinasi Kesejahteraan  Sosial (LKKS) Kabupaten Agam selenggarakan jambore panti asuhan  dalam peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke 40 Tingkat Kabupaten Agam Tahun 2024.

Acara tersebut dilaksanakan  di balairung rumah dinas Bupati Agam Padang Baru Lubuk Basung, Kamis (25/7) yang turut dihadiri Kepala OPD dan Ketua Baznas yang dibuka langsung oleh Bupati Agam Dr Andri Warman MM.

Bupati dalam sambutannya mengatakan salah satu program  untuk kemajuan anak di Agam, Pemkab dirikan rumah tahfiz yang bekerjasama  dengan Kementerian Agama dan Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Agam.

"Dengan adanya rumah tahfiz anak-anak kita bisa belajar menghafal al qur'an, sebagai salah satu perwujudan " Adat Basandi Sarak, sarak Basandi Kitabbullah" Jelas Bupati.

Bupati AWR juga menyampaikan diwaktu -waktu mendatang akan memberikan apresiasi lebih kepada peserta  yang memperoleh juara pertama pada setiap cabang lomba.

"Kita akan tambahkan hadiah masing-masing juara 1 pada setiap cabang lomba" Kata Bupati".

Disamping itu Ketua LKKS Ny. Yeni Andri Warman dalam sambutannya mengungkapkan tujuan jambore panti asuhan ini adalah menumbuhkan semangat, keberanian, potensi, kemampuan, dan memberikan dukungan untuk meningkatkan kemandirian dan kepedulian dalam berbagai aspek kehidupan bagi anak.

"Dengan jambore panti asuhan ini, kita bersama sama melangkah kongkrit dalam rangka mewujudkan anak anak sebagai generasi penerus bangsa yang terbebas dari deskriminasi dan selalu terlindungi hak dasarnya" Jelas Yenni.

 

Dalam acara tersebut diadakan
kegiatan lomba hafalan surat pendek, lomba baca Surat  Ar Rahman serta lomba kultum dari 19 panti asuhan yg tersebar di 11 kecamatan se Kabupaten Agam dengan utusan 1 orang pendamping dan 3 orang peserta. Sementara utusan dari kecamatan Malalak, IV Koto, Sungai Pua, Baso dan Palupuah tidak ikut karena tidak memiliki panti asuhan.

Pada kegiatan ini  juga disediakan hadiah untuk masing masing peserta lomba. Juara I sebesar Rp. 2 juta, Juara II  sebesar Rp. 1.5 juta, juara III sebesar Rp. 1 juta ditambah tropi, piagam dan bingkisan satu paket peralatan sekolah dari Baznas Kabupaten Agam untuk masing - masing peserta.

Pada cabang lomba hafalan surat Pendek Berta asal Panti Asuhan  Aisyiyah Cabang Salareh Aia Kecamatan Palembayan meraih juara satu, sedangkan juara kedua diraih oleh Rasti Mania Putri asal Panti Asuhan Aisyiyah Cabang Kecamatan Matur, sementara juara ketiga diraih oleh Laura Jasela Oktalia asal Panti Asuhan Al Ma'un Batu Nanggai Tanjung Sani Kecamatan Tanjung Raya dan penyerahan hadiah dilakukan ketua LKKS Ny Yeni Andri Warman.

Peringkat untuk cabang lomba Surah Ar Rahman pada ajang jambore ini
Juara pertama diraih oleh Muhammad Fajru Tamam asal Panti Asuhan Al Ma'un Batu Nanggai Tanjung  Sani Kecamatan Tanjung Raya . Juara kedua Andika Nofriandi asal Panti Asuhan Kasih Sayang Koto Tangah kecamatan Tilatang kamang,  juara ketiga Yulia Putri Ningsih asal Panti Asuhan Aisyiyah Kamang Hilir Cabang Kecamatan Tilatang Kamang dengan penyerahan hadiah dilakukan oleh wakil I LKKS El Edi Busti.

Terakhir, Lomba Qultum pada jambore kali ini diraih oleh Aditya Ardiansyah asal Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Lubuk Basung  sebagai juara pertama. Juara kedua Afgan Budiarta asal Panti Asuhan Al Ma'un Batu Nanggai Tanjung Sani kecamatan Tanjung Raya, sedangkan Juara ketiga Aznil asal Panti Asuhan Aur Pakan Kamis Tilatang Kamang untuk penyerahan hadiah dilakukan oleh ketua basnaz Kabupaten Agam Isman Imran.