Penas KTNA 2023: Agam Juara Umum Kontes Ternak

AGAM, KOMINFO - Kabupaten Agam kembali mendulang prestasi membanggakan. Kali ini, dalam Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Nasional ( PENAS KTNA ) 2023 tingkat Nasional yang dipusatkan di Kota Padang, kontingen Kabupaten Agam sukses meraih gelar juara umum Kontes Ternak 2023 tingkat Sumatera Barat yang digelar di Padang, Minggu, (11/6). 

 

Dalam PENAS KTNA 2023, Kabupaten Agam mengirim 6 ekor ternak unggulan dan sukses meraih gelar juara diantaranya:

1. Juara II Simental Jantan 

2. Juara III Simental Betina

3. Juara I Bali Jantan

4. Juara I Kerbau Jantan

5. Juara I Kerbau Betina

6. Juara II Kambing PE Jantan

 

Tim Dinas Pertanian Kabupaten Agam yang mengikuti kegiatan PENAS KTNA 2023 tingkat Nasional yang dipusatkan di Padang, menyebutkan, dalam kontes ternak yang merupakan dari kegiatan Penas KTNA itu,

tim Kabupaten Agam sukses menyabet gelar juara di berbagai kategori kontes ternak yang diadakan. 

 

“Alhamdulillah, kita meriah 6 gelar juara, dari 6 ekor ternak yang dikirim untuk mengikuti kontes ternak tersebut. Dan memang, sesuai instruksi Kadinas Pertanian Agam, 6 ternak itu sudah dipersiapkan sejak lama ini untuk mengikuti kontes ternak yang digelar dalam rangkaian kegiatan tersebut,“ ulas Jafrizal. 

 

Dijelaskan, sebelumnya tim Dinas Pertanian Agam, khususnya Bidang Peternakan diinstruksikan untuk mempersiapkan secara maksimal hewan ternak unggulan yang akan mengikuti kontes ternak yang digelar untuk tingkat propinsi tersebut. 

 

Bahkan, dalam kurun waktu yang cukup panjang, pemeliharaan dan pemantauan intensif dilakukan tim Dinas Pertanian Agam, bersama para pemilik ternak dan kelompok tani

 

"Alhamdulillah, berkat dukungan dan kerja keras bersama, kabupaten Agam sukses meraih gelar juara umum kontes ternak 2023,“ sebut Afniwirman, Kepala Dinas Pertanian Agam melalui Jafrizal. 

 

Sementara prestasi yang diraih para peternak Kabupaten Agam binaan Dinas Pertanian itu, diapresiasi Bupati Agam yang mengungkap rasa bangga dan terimakasihnya atas sukses yang diraih tersebut, sehingga mengharumkan nama Kabupaten Agam di pentas nasional.

 

"Ini kebanggaan kita bersama, kami atas nama Pemkab Agam sangat berterimakasih,“ ungkapnya.