Disdikpora: Perlunya Pendidikan Karakter Bagi Siswa Pentingnya Integrasi Pendidikan Karakter Bagi Anak Didik

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam Erwin Umar mengatakan, perlunya pendidikan karakter bagi siswa yang berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam Drs. Erwin Umar, M.Pd  mengatakan, hal ini sesuai dengan pasal tiga undang-undang (UU) Dirjen Pendidikan Nasional.

"Ini bertujuan agar peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab," kata Erwin Umar pada Agam Media Ceter, Jum'at (18/11).

Hal ini dilakukan atas dasar kehidupan sehari-hari, banyak disaksikan betapa semakin melemahnya komitmen terhadap rasa kebangsaan Indonesia, memudarnya etika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Agam, telah mengadakan sosialisasi pendidikan karakter dihadiri oleh 120 orang peserta berasal dari guru Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris se-Kabupaten Agam.
"Untuk membangun karakter bangsa, tentu harus ada sinergi diantara sub sistem pendidikan yang ada antara sekolah dengan keluarga dan masyarakat," tambahnya.

 

Sumber : Bagian HUMAS Sekretariat Daerah Kab. Agam