Agam Pilih Uda-Uni Hari Ini

Hari ini dilaksanakan pemilihan Uda Uni Agam yang dibuka langsung secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Syafirman SH. bertempat di GOR Rang Agam di Lubuk Basung, Kabupaten Agam, (14/11). Syafirman mengatakan, Pemilihan Uda-Uni yang dilaksanakan sekarang ini bisa mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai budaya orang Minang sehingga bisa diterapkan pada generasi penerus bangsa.

Kabupaten Agam yang memiliki budaya yang tinggi perlu dikembangakan, juga wisatanya yang sangat menarik perhatian dunia kepariwisataan. Sehingga untuk mengembangkan potensi Kabupaten Agam yang demikian, maka diperlukan upaya-upaya kongkret untuk menumbuhkembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan melibatkan semua elemen masyarakat Kabupaten Agam khususnya.

Untuk itu, salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan pemilihan Uda-Uni sebagai sarana untuk menciptakan SDM yang mampu menjadi duta-duta tangguh untuk mempromosikan aset dan potensi yang ada di Kabupaten Agam. Dilain pihak, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Agam,  Junaidi, Bsc. mengatakan, Konsep penyelenggaraan pemilihan Uda-Uni tahun ini berbeda dibandingkan dengan sebelumnya. Untuk tahun ini, katanya panitia membuat konsep pengenalan pariwisata, adat, budaya, seni dan akan menggali kemampuan berbahasa dari masing-masing peserta. Para Calon Uda-Uni menunjukan kebolehannya di depan tiga orang juri yang berasal dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, LKAAM Kabupaten Agam dan Uda Agam tahun 2007.(Humas)