1 Km Jalan Palembayan Longsor dan Terban

Tingginya curah hujan beberapa hari terakhir mengakibatkan, Musibah Longsor melanda dikawasan di Jorong Marambuang Nagari Baringin Kecamatan Palembayan, Agam.Sabtu(5/11). Badan jalan sepanjang 1 Km Terban sehingga kendaraan tidak bisa melintas.

 

Demikian disampaikan, Camat Palembayan, Kabupaten Agam, Aryati, S.Sos, M.Si pada Reporter Agam Media Center (AMC),senin(07/11). melalui via SMS.



"sampai saat ini belum ada korban jiwa, sedangkan kondisi jalan putus total akibat terban tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat maupun roda dua"



Untuk itu, masyarakat yang akan menuju Bukittinggi maupun sebaliknya terpaksa melalui Jalan Simpang Pantai keluar dari Palupuah baru ke-Bukittinggi dan ke-Padang Koto Gadang jika menuju ke-Lubuk Basung maupun Kepadang, dengan demikian, biaya transpor jadi meningkat.ujarnya.



Dari Hasil Diskusi dilapangan Pihak Kecamatan Palembayan dengan Pekerjaan Umum (PU) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam. dari laporan sementara diambil keputusan jalan dialihkan.
"jalan harus dialihkan, karna, tidak mungkin jalan 1 km yang telah rusak akibat longsor dapat diperbaiki segera, sebab kondisi dilapangan jalan sangat labil dan mengkawatirkan serta dapat membahayakan jika sekarang diperbaiki, apalagi kondisi musim penghujan"ucapnya.

Sedangkan, sekarang ini Pihak Camat Palembayan melakukan lobi dengan masyarakat setempat terutama pemilik lahan untuk membebaskan lahannya untuk pembuatan jalan baru, tukasnya.

 

Sumber : Bagian HUMAS Sekretariat Daerah Kab. AGam