E-KTP Sukses, Agam Jadi Percontohan

Program E-KTP di Kabupaten Agam berlangsung sejak awal Oktober lalu berjalan sukses dan lancar. Sejauh ini, tidak ada hambatan berarti yang berpotensi mengganggu jalannya pelayanan terhadap masyarakat, terutama proses entry data dan proses rekam data, serta foto masyarakat wajib ber-KTP.

 

Hingga kemarin (19/10), dari total penduduk Kabupaten Agam wajib ber KTP mencapai 366.494 jiwa, sudah terlayani 84.996 jiwa atau sekitar 22,37 persen tersebar di 16 Kecamatan. Diproyeksikan, sampai akhir Desember 2011 seluruh masyarakat akan bisa selesai di-entry data kependudukan.

 

Bupati Agam, Indra Catri Dt Malako Nan Putiah, usai dientry datanya bersama Ny. Vita Indra Catri di ruang pelayanan e-KTP kantor Camat Lubuk Basung kemarin, mengaku puas dan bangga menyaksikan proses pelayanan dan ketepatan proses entry data e-KTP di Kantor Camat Lubuk Basung.

 

Bupati puas karena program e-KTP di Kabupaten Agam bisa menjadi salah satu program strategis bidang pelayanan yang kini sudah berjalan optimal, mengingat program nasional itu menjadi salah satu agenda penting yang harus dilaksanakan secara optimal. Tak hanya untuk program pendataan kependudukan, tapi juga dalam konteks pelayanan terhadap masyarakat.

 

Program e-KTP sendiri, sebut Indra Catri, menjadi salah satu “pertaruhan” yang harus dijalankan secara naksimal oleh seluruh jajaran Pemkab Agam. Terutama, jajaran Dukcapil Agam dan aparatur Kecamatan. “ini penting sebagai basic data kependudukan yang akan dimanfaatkan untuk berbagai program yang akan dilaksanakan pemerintah guna mensejahterakan masyarakat,” sebut Indra Catri.

 

Indra Catri berharap program Nasional tersebut bisa berjalan optimal. Pasalnya sangat penting sebagai langkah awal dalam berbagai program dan agenda Nasional yang akan dilaksanakan Pemerintah. Sebab, ini semua salah satu data dasar kependudukan yang akan menjadi basis utama pelaksanaan berbagai program untuk kepentingan masyarakat luas.

 

 

Optimis Tepat Waktu

 Disisi lain, beberapa Camat yang ditemui menyangkut program e-KTP mengaku optimis program nasional e-KTP tuntas sesuai jadwal. Bahkan, saat ini mayoritas Kecamatan di Kabupaten Agam, bila melampaui target harian maksimal 200 orang yang sudah disepakati. “Kita bisa mencapai 250 orang per hari, apalagi jika hari libur dan pertama masuk kerja Senin sampai Rabu,” sebut Syahrul Hamidi, Camat Ampek Nagari yang mengaku mampu menyelesaikan rekam data sekitar 27 persen dari total 19.354 jiwa wajib ber-KTP di Kecamatan tersebut.

 

Optimistis juga ditegaskan Camat Malalak bambang Warsito dan Camat Matur Hilton secara terpisah. Mereka melakukan terobosan berbeda untuk mendiring animo masyarakat untuk entry data e-KTP tersebut.  Seperti di Malalak, Camat bersama aparatur terkait menargetkan 80 hari dari 100 hari pelayanan yang ditargetkan sampai akhir Desember mandatang. Pihaknya, tidak hanya melibatkan unsur Ninik Mamak dan jajaran Pemerintahan Nagari, tapi juga menggelar iven khusus agar warga mendatangi Kantor Camat untuk entry data.

 

Khusus Kecamatan Matur, aparatur Kecamatan setemat menyiagakan armada khusus untuk melayani masyarakat akan mengurus e-KTP, ”sebut Hilton”.

Ditempat tepisah, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Agam Fauzir Munaf menyebutkan, pihaknya sudah menyiapkan perangkat pendukung. Selain armada cadangan antar-jemput masyarakat, pihaknya juga mencadangkan personel khusus yang siap melayani masyarakat secara maksimal. Bahkan, hari libur pun masyarakat akan dilayani. ”Kita optimis e-KTP di Agam selesai sesuai target, karena intensitas pelayanan dan animo masyarakat pun sangat tinggi, ”sebutnya. (adv)

 

Sumber : Padang Ekspres