Percepatan Realisasi Program/Kegiatan TA. 2011

Sekarang kita telah berada pada triwulan III pelaksanaan anggaran tahun 2011. APBD yang merupakan alokasi pendanaan untuk tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat,  sekaligus sebagai instrument penganggaran dalam rangka mewujudkan pelayanan kepada masyarakat demi tercapainya penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bertanggungjawab. Berdasarkan hal tersebut tanggungjawab pengelola program/kegiatan sangat berat. Pengelola Program/Kegiatan diminta  untuk melakukan percepatan pelaksanaan, tidak menunggu akhir tahun anggaran. Menyelesaikan pekerjaan yang terburu-buru menjelang akhir tahun anggaran, tidak akan sama hasilnya dengan pekerjaan yang dikerjakan dengan waktu yang cukup.


Untuk paket-paket pekerjaan yang melalui penyedia barang/jasa yang terikat dalam suatu kontrak, pengelola program/kegiatan diminta menjaga secara ketat target pelaksanaan dan waktu pelaksanaan. Melakukan pengecekan dan penelitian secara menyeluruh mengenai kualitas dan kuantitas sebelum dilakukan serah terima. Sempurnakan kelengkapan administrasi kegiatan. Untuk pekerjaan konstruksi agar memaksimalkan fungsi pengawasan teknis atau konsultan teknis dalam pelaksanaan pekerjaan. Seandainya terjadi keterlambatan agar mengambil tindakan sebagaimana yang tercantum didalam kontrak. Seperti pengenaan denda dalam rangka pembinaan.


Hal yang tidak kalah pentingnya adalah pengelola program/kegiatan agar secara berkala melaksanakan monitoring dan evaluasi internal. Itulah beberapa materi dari Bagian Administrasi Pembangunan yang disampaikan  Asisten Pembangunan dan Perekonomian dalam eksposenya tentang pelaksanaan program/kegiatan pada Rapat Staf dilingkungan Pemerintah Kabupaten Agam, Selasa 4 Oktober 2011.


Pada kesempatan ini, juga disampaikan bahwa secara umum paket-paket pekerjaan sudah terlaksana sesuai jadwal. Tercatat sudah 117 paket pekerjaan yang sudah selesai 100%. Namun beberapa paket terlambat dari jadwal pelaksanaan dengan beberapa alasan. Untuk itu pengelola harus segera menindaklanjutinya dengan melakukan percepatan dan re-schedule.


Pelaksana harian Bupati Agam, Syafirman, SH menekankan dalam upaya memacu optimalnya  pelaksanaan program/kegiatan yang sudah dirancang, ditengah berbagai dinamika dan keterbatasan maka kebersamaan dan koordinasi  menjadi sangat penting. Beliau juga meminta  Asisten Pembangunan dan Perekonomian dan Bagian Administrasi Pembangunan melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program/kegiatan.