Peranan RSUD Lubuk Basung

PERAN RSUD LUBUK BASUNG Oleh : Syahrial, SH

Kesehatan merupakan investasi bangsa sesuai dengan era globalisasi dunia dimana tuntutan terhadap jasa pelayanan kesehatan oleh Konsumen semakin tinggi, untuk mengantisipasi era globalisasi ini RSUD Lubuk Basung telah berperan aktif meningkatkan derajat kesehatan yang optimal melalui beberapa kegiatan yang diaplikasikan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi RSUD Lubuk Basung.

1. Tugas Pokok dan Fungsi RSUD Lubuk Basung
Adapun tugas pokok dan fungsi RSUD Lubuk Basung adalah membantu Kepala Daerah dalam Penyelenggaraan Kebijakan di bidang Pelayanan Kesehatan dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan mengutamakan penyembuhan dan pemulihan yang dilaksanakan secara terpadu dengan upaya peningkatan dan penegakan serta melaksanakan upaya rujukan. Sedangkan Fungsi adalah Perumusan Kebijakan Teknis dalam pelayanan kesehatan medis dan pelayanan penunjang penyelanggaraan pemerintah di bidang Pelayanan Kesehatan.

2. Visi dan Misi
Adapun visi dan misi RSUD Lubuk Basung adalah :
“ MEMBERIKAN PELAYANAN KESEHATAN YANG TERBAIK”
dengan misi : “ Terwujudnya RSUD yang mampu melayani masyarakat secara paripurna”.

Untuk mewujudkan visi dan misi ini, maka disusunlah beberapa strategi. Strategi yang dilakukan adalah :
-Melengkapi sarana dan prasarana rumah sakit
-Peningkatan SDM, manajemen RS, Aliansi dengan rumah sakit yang lebih maju dan Institusi Pendidikan Tenaga Kesehatan serta kerjasama dengan Badan usaha melalui pengembangan jangkauan pelayanan kesehatan

3. Analisa Lingkungan Strategis dan Faktor Kunci Keberhasilan
a.Analisa Lingkungan
RSUD Lubuk Basung berada di lingkungan yang sangat strategis yaitu di pusat Ibukota Kabupaten Agam di Lubuk Basung. Satu-satunya Rumah Sakit milik Pemerintah Daerah Kabupaten Agam dengan Kelas C, yang didorong oleh beberapa faktor diantaranya :
-Tersedianya tenaga Dokter Spesialis yaitu Dokter Spesialis Anak, Spesialis Kebidanan, Spesialis Bedah dan Spesialis Penyakit Dalam.
-Tersedianya sarana dan prasarana pelayanan yang memadai untuk menunjang pelayanan.

Untuk melaksanakan kegiatan secara berkesinambungan, RSUD selalu memanfaatkan beberapa peluang, diantaranya :

1.Dukungan Pemda Agam dan Legislatif yang sangat baik untuk memajukan RSUD
2.Lingkungan yang strategis.
RSUD berada di lingkungan perusahaan besar, diantaranya PT. Mutiara Agam, PT. Kamu, PT. Inang Sari, dan pabrik pengolahan kelapa sawit. Dengan demikian peluang tersebut dimanfaatka untuk meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan perusahaan.
3.aliansi RS yang lebih maju dalam bentuk Reveral Dokter Spesialis Mata, Jiwa, THT dan Syaraf.
4.Kerjasama dengan Institusi Pendidikan Tenaga Kesehatan seperti STIKES, Akbid, APK, dimana RSUD sebagai tempat praktek mahasiswa.
5.Kebijakan Pemerintah, bahwa RS Pemerintah untuk memanfaatkan peluang pasar (Keppres no. 40 th 2001)

RSUD Lubuk Basung selalu berupaya meningkatkan mutu dan jangkauan Pelayan Kesehatan yang prima kepada pelanggan. Hal ini dapat dilihat dari hasil kegiatan yang diperoleh, diantaranya :
BOR 50,87 %, TOI : 3 (tiga) hari, LOS : 7 (tujuh) hari, dengan jumlah tempat tidur 59 buah.

Dengan demikian, RSUD Lubuk Basung siap bersaing menghadapi Era Globalisasi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, dan berperan aktif dalam meningkatkan derajat kesehatan yang optimal menuju Indonesia Sehat 2010.

Share This Post: