KPU Agam Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Serta Implementasi SIREKAP Jelang Pemilu Serentak 2024

AGAM, KOMIMFO - 15 Hari menuju hari pemungutan suara PEMILU 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara dalam rangka persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 di lapangan tenis indoor di Pemda Agam.

 

Bupati Agam melalui Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Bambang Warsito, menyampaikan bahwa dalam upaya meningkatkan kesiapan dan akurasi pelaksanaan pemilu KPU Agam mengimplementasikan Sistem Rekapitulasi (SIREKAP) untuk mempermudah proses penghitungan suara secara elektronik dan pelaporan hasil pemilu secara cepat dan transparan.

 

“Kepada para peserta agar menguasai penggunaan SIREKAP dengan baik agar tidak terjadi kesalahan dalam perhitungan suara dan kita juga berharap untuk keamanan dalam perhitungan suara nanti. Kita laksanakan dan ikuti simulasi ini secara seksama, sebaik-baiknya, adil, dan jujur karena itu merupakan kunci dari keberhasilan kegiatan ini.” Jelas Bambang.

 

Diketahui SIREKAP sebagai alat bantu telah berhasil menghadirkan keterbukaan (transparansi) pada Pemilihan 2020 lalu. Penggunaan SIREKAP ini sendiri harus dikuasai para pengawasan pemilu hingga tingkat KPPS.

 

Bupati juga menghimbau kepada petugas dan stakeholder terkait agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada semua lapisan masyarakat selama proses pemungutan suara nantinya.

 

Ketua KPU Agam, Herman Susilo, juga menyampaikan bahwa simulasi ini merupakan langkah penting untuk memastikan semua tahapan pemilu dapat berjalan lancar dan sesuai dengan aturan yang berlaku. 

 

 

"Setiap proses penyelenggaraan pemilu menjadi tuntutan dan komitmen kita bersama, mulai dari pemungutan suara hingga penghitungan dan pelaporan hasil, dapat dilakukan dengan efisien dan akurat," ujar Herman.

 

Pada simulasi tersebut, petugas KPU Agam menempatkan bilik suara dan alat pemungutan suara (APS) sesuai dengan pedoman yang berlaku. Para pemilih dari kalangan pegawai KPU Agam berperan sebagai pemilih fiktif untuk mensimulasikan situasi sebenarnya pada hari pemungutan suara.

 

Selain itu, SIREKAP juga diuji coba untuk memastikan kelancaran proses penghitungan suara. Sistem ini dirancang untuk mengoptimalkan kecepatan dan ketepatan dalam merangkum hasil suara dari berbagai tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh Kabupaten Agam.

 

“Kita harapkan proses simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS ini kita lakukan secara riil , bagaimana proses sebenarnya yang terjadi di TPS itulah yang kita harapkan akan kita lakukan." Tambahnya.

 

Simulasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan sosialisasi terkait pungut hitung suara. Selama simulasi ini juga dihitung durasi yang digunakan mulai dari Pendaftaran Pemilih, Penyediaan dan Pengisian Surat Suara, Pemungutan Suara, dan nantinya dilakukan Penghitungan Suara serta Rekapitulasi Suara oleh Petugas.

 

Usai simulasi akan disusun langkah-langkah mitigasi untuk hari pelaksanaan Pemilu pada tanggal 14 Februari nantinya dan akan diterapkan pada 1721 TPS yang tersebar di Kabupaten Agam.