Tugas Mulia, Kader Posyandu Mengabdi Demi Pertumbuhan Anak dan Kesehatan Ibu

AGAM, MOMINFO - Bertugas di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Kader kesehatan yang berasal dari, oleh dan untuk masyarakat bekerja secara sukarela dalam membantu peningkatan kesehatan masyarakat di wilayah kerja terkait.

 

Kader Posyandu merupakan suatu tugas mulia yang mengabdi untuk masyarakat, tidak digaji, serta bekerja untuk mengenalkan pelayanan kesehatan dasar berkaitan dengan penurunan AKI, AKB dan AKABA. 

 

Selain itu, Kader Posyandu berperan sebagai penggerak dan penyuluh kesehatan masyarakat, sehingga masyarakat tau, mau serta mampu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam mewujudkan keluarga sehat.

 

Terdapat kepuasan tersendiri yang tidak bisa dinilai dengan uang jika kader mampu mengajak untuk ke posyandu serta menyerap dan mempraktekan ilmu yang disampaikan.

 

“Kepuasan ini tentu berbeda bila kita melihat para ibu dan anak dapat belajar serta tumbuh dengan baik dilingkungan kita ini,” ungkap Bupati Agam yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, Erniwati saat lomba penilaian kader posyandu berprestasi tingkat Provinsi Sumbar, Selasa (8/8).

 

Vevi Sri Mulyani yang merupakan kader Posyandu Kasih Bunda 1 dinilai oleh Tim Penilai Provinsi yang diketuai oleh sekretaris DPMD Provinsi Sumbar, Amriman.

 

Posyandu Kasih Bunda 1 selama ini sudah melaksanakan kegiatan dengan baik dan melakukan beberapa inovasi sehingga kunjungan ke posyandu terus meningkat.

 

Beberapa inovasi tersebut antara lain muda berposting yakni pemuda yang peduli terhadap kegiatan posyandu, kata buta yakni kantong data ibu dan balita, dan buku donasi yakni sumbangan lepas dari perantauan.

 

Erniwati melanjutkan perlunya terus mendorong agar semakin banyak kader yang berprestasi sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

 

Dalam meningkatkan kinerja posyandu, Bupati Agam mengajak para kader untuk menggerakkan swadaya kelompok untuk berperan aktif mendukung setiap kegiatan. 

 

Kemudian memanfaatkan pekarangan dengan tanaman yang bermanfaat, terus berinovasi dan dukungan dari segala pihak untuk setiap kegiatan.