Bawaslu Agam Laksanakan Apel Patroli Kawal Hak Pilih

AGAM, KOMINFO – Seluruh jajaran pengawas Bawaslu Kabupaten Agam hingga jajaran ad hoc melakukan Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih untuk memastikan masyarakat Kabupaten Agam yang telah memenuhi syarat mendapatkan Hak Pilihnya. Patroli ini akan dilakukan selama masa tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih menuju Pemilu tanggal 14 Februari 2024 nanti. 

 

Rangkaian kegiatan Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih dimulai dengan pelaksanaan Apel bersama pada Hari Senin, 27 Februari 2023 di Halaman Kantor Bawaslu Kabupaten Agam. Apel ini dihadiri oleh Anggota, Plt Kepala Sekretariat, Kepala Subbagian Pengawasan, dan staf sekretariat Bawaslu Agam, serta Anggota, jajaran sekretariat, dan PKD Panwaslu Kecamatan Lubuk Basung.

 

“Hingga 14 Februari 2024, kita akan konsisten melakukan Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih minimal 2x seminggu. Kegiatannya bisa berupa kegiatan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Kita mengajak dan memastikan mereka yang memenuhi syarat sudah terdaftar sebagai pemilih. Sedangkan bagi mereka yang belum memenuhi syarat tapi terdaftar sebagai pemilih perlu diperbaiki. Jadi timbal balik.” ujar Eri Efendi selaku Pembina Apel pagi ini.

 

“Meskipun saat ini kita memiliki Posko Kawal Hak Pilih di masing-masing Kantor Sekretariat, Patroli perlu dilakukan. Kita bekerja sifatnya jemput bola. Jajaran pengawas aktif langsung mendatangi kelompok rentan sehingga tidak hanya menunggu laporan di Posko,” tegas Eri

 

Baru-baru ini, jajaran pengawas sudah mengawasi tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data Pemilih. Hasil pengawasan coklit ini juga menjadi salah satu objek patroli bagi kita dengan memastikan ada atau tidaknya tindak lanjut dari KPU terhadap saran perbaikan selama pengawasan, tambahnya. 

 

Melalui apel ini, 27 Februari 2023 resmi menjadi hari pertama Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih. Bawaslu Agam akan gencar melakukan sosialisasi dengan menargetkan pemilih pemula, pemilih disabilitas, dan kelompok pemilih rentan lainnya agar terakomodir hak pilihnya.