16 Bunda Literasi Dilantik, Bupati Himbau untuk Terus Budayakan Kebiasaan Membaca

AGAM, KOMINFO - Bupati Agam, Dr H Andri Warman, MM melantik sebanyak 16 Bunda Literasi di tingkat kecamatan se Kabupaten Agam, Senin (16/1).

 

Dalam pelantikan yang berlangsung di Balairung Rumah Dinas ini, Bupati mengatakan bunda literasi merupakan mitra pemerintah daerah dalam membangun SDM yang berkualitas.

 

"Bunda literasi adalah para pejuang membaca di wilayah masing-masing. Mereka bertugas mendorong peningkatan budaya baca, sehingga melahirkan SDM yang berkualitas," ujarnya.

 

Lebih lanjut dikatakan, literasi bukan sekadar kemampuan membaca dan menulis. Literasi memiliki makna luas, yakni pemahaman dan pengetahuan untuk memecahkan persoalan kehidupan.

 

Menurut Bupati, membaca dapat membuka cakrawala seseorang. Tidak hanya itu, daya pikir seseorang akan terasah dengan membaca.

 

Sehingga Bupati berharap, bunda literasi dapat mendukung percepatan pertumbuhan budaya membaca di kalangan masyarakat.

 

"Menggelorakan budaya baca memang tidak mudah. Ini akan menjadi tantangan bagi bunda literasi untuk tetap konsisten membudayakan membaca," tutur Bupati.

 

Kehadiran bunda literasi kecamatan lanjut Bupati, juga diharapkan dapat menghadirkan perpustakaan di tempat masing-masing. 

 

Selain itu, bunda literasi juga diharapkan mendorong peningkatan peran perpustakaan nagari dan rumah baca dalam memberdayakan masyarakat.

 

"Untuk itu, bunda literasi harus bersinergi dengan para penggiat literasi, PKK, Dharma Wanita serta camat dan walinagari," tegasnya.

 

Berikut daftar nama Bunda Literasi Kecamatan se-Kabupaten Agam yang sudah dikukuhkan (Keputusan Bupati Agam No.369 Tahun 2022 Tanggal 21 November 2022)

Ny. Nanda Hidayat Taufik: Bunda Literasi Lubuk Basung

Ny. Dian Edo Aipa: Bunda Literasi Tanjung Mutiara

Ny. Eliza Maghdalena : Bunda Literasi Ampek Nagari

Ny. Ernita: Bunda Literasi Tanjung Raya

Ny. Ita Subchan: Bunda Literasi Matur

Ny. Junaida: Bunda Literasi Palembayan

Ny. Isma Rahmat Fajri: Bunda Literasi Malalak

Ny. Riza Rizky Eka Putra: Bunda Literasi IV Koto

Ny. Neni Martina: Bunda Literasi Banuhampu

Ny. Icha Ridwan: Bunda Literasi Sungai Pua

Ny. Nessa Rio Eka Putra: Bunda Literasi Baso

Ny. Reni Ekko Espito: Bunda Literasi Ampek Angkek

Ny. Linda Syahrul Hamidi: Bunda Literasi Tilatang Kamang

Ny. Roza Zulfikar Zulkifli: Bunda Literasi Palupuh

Ny. Noviardi: Bunda Literasi Canduang

Ny. Maslihati Zain Ifradi: Bunda Literasi Kamang Magek

 

Ny Yenni Andri Warman selaku Bunda Literasi Kabupaten Agam juga menyampaikan agar para bunda literasi di kecamatan agar dapat menjadi role model dan menginsiprasi serta membangun sumber daya masyarakat untuk mewujudkan Kabupaten Agam yang maju masyarakat sejahtera menuju Agam mandiri berprestasi yang madani.

 

“Bunda literasi adalah seseorang yang memiliki kemampuan literasi yang dipilih sebagai panutan, motivator, inspirator, katalisator, dan influencer dalam mempromosikan gemar membaca”, tuturnya.