Dukung Upaya Pengendalian Inflasi Daerah, Pemkab Agam Akan Gelar Bazar Pangan Murah di Kecamatan

AGAM, KOMINFO - Pemerintah Kabupaten Agam akan gelar bazar pangan murah di 16 Kecamatan, mulai 30 November sampai 21 Desember 2022 untuk pengendalian dan penanganan dampak inflasi di Kabupaten Agam.

 

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP), Rosva Deswira menyebutkan pelaksanaan bazar murah tersebut dilaksanakan atas instruksi Bupati Agam No 8 Tahun 2022 saat ditemui di Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Lubuk Basung, Senin (28/12).

 

“Dalam rangka menanggulangi dampak kenaikan harga bahan pangan yang diakibatkan inflasi, Pemkab Agam akan laksanakan bazar murah dengan memberikan subsidi kepada masyarakat,”ucapnya  

 

Sekretaris DPKP, Azwir menambahkan dalam pelaksanaan bazar pihaknya menyediakan sebanyak 400 paket sembako per kecamatan yang bekerjasama dengan Bulog dan pihak Kecamatan serta Nagari 

 

“Harapannya dengan adanya bazar ini dapat menurunkan tingkat inflasi Kabupaten Agam dan membantu masyarakat yang terdampak akibat kenaikan inflasi,” lanjut Azwir.

 

Sementara itu, Kepala Bidang Ketersediaan dan Stabilitas Pangan, Didik Nugrahadi menjelaskan masyarakat calon penerima manfaat subsidi diwajibkan membawa fotocopy kartu keluarga agar mendapatkan subsidi sebesar Rp65 ribu untuk 5 jenis kompoditi.

 

Besaran subsidi untuk bazar murah tersebut antara lain beras 5Kg dengan besaran subsidi Rp25 ribu, minyak goreng 2 liter dengan besaran subsidi Rp10 ribu, 30 butir telur dengan besaran subsidi Rp15 ribu, cabe merah 1/2Kg dengan besaran subsidi sebesar Rp10 ribu, serta bawang merah 1Kg dengan besaran subsidi Rp5 ribu.

 

Bazar pangan murah pertama dilaksanakan di Pasar Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara pada Rabu (30/11), selanjutnya di Halaman Kantor Camat Ampek Nagari tanggal pada Kamis (1/12), Halaman Kantor Camat IV Koto pada Jumat (2/12), Halaman Kantor KAN Tanjung Raya pada Senin (5/12).

 

Selanjutnya pada Selasa (6/12) dilaksanakan di Halaman Kantor Camat Palembayan, Halaman Kantor Camat Matur pada Rabu (7/12), Halaman Kantor Camat Banuhampu pada Kamis (8/12), Halaman Kantor Camat Ampek Angkek pada Jumat (9/12).

 

Kemudian pada Senin (12/12) dilaksanakan di Halaman Kantor Camat Palupuh, Halaman Kantor Camat Tilatang Kamang pada selasa (13/12), Halaman Kantor Camat Candung pada Rabu (14/12), Halaman Kantor Camat Sungai Pua pada Kamis (15/12).

 

Sementara hari jumat (16/12) dilaksanakan di Halaman Kantor Camat Lubuk Basung, Halaman Kantor Camat Malalak pada Senin (19/12), Halaman Kantor Camat Baso pada Selasa (20/11), Halaman Kantor Camat Kamang Magek pada Rabu (21/12).