BPBD Kabupaten Agam Catat 29 Kejadian Bencana Alam Selama 10 Hari Terakhir

AGAM, KOMINFO – Sebanyak 29 kejadian bencana alam tercatat selama 10 terakhir. Kejadian bencana alam itu didominasi musibah tanah longsor, pohon tumbang dan jalan amblas menurut Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Agam.

 

Informasi tersebut disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Agam, Bambang Warsito melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Ichwan Pratama Danda, S.STP, Rabu (23/11). Sejak 14 November hingga saat ini telah terjadi bencana alam sebanyak 29 kali ungkap pihaknya.

 

“Kejadian ini berlangsung sejak Agam dilanda cuaca ekstrem dalam dua pekan terakhir,” ujarnya.

 

Dirincikan Ichwan 29 kejadian bencana alam itu terjadi di sepuluh kecamatan. Tanah longsor terjadi 15 kali dengan sebaran kejadian, 3 titik di Malalak, 3 di IV Koto, 3 di Tanjung Raya, 2 di Matur, 2 di Palupuh, Banuhampu dan Baso masing-masing 1 kejadian.

 

“Peristiwa pohon tumbang terjadi sebanyak 11 kejadian dengan rincian 4 titik di Lubuk Basung, 3 di Tanjung Raya, 3 di Matur, IV Koto dan Tanjung Mutiara masing-masing 1 kejadian,” terangnya.

 

Disamping itu juga ada kejadian tanah amblas di tiga titik, sebarannya di IV Koto, Tanjung Mutiara dan Matur.

 

Mengingat cuaca yang masih berpotensi hujan dengan intensitas tinggi dan angin kecang, pihaknya mengimbau warga untuk tetap waspada dengan kemungkinan terjadi bencana alam.

 

“Kami juga mengimbau warga untuk melapor jika menemukan kejadian bencana alam di sekitar mereka,” ujarnya.