Bupati Agam Gelar Pertemuan dengan LKS Tripartit

AGAM, KOMINFO - Bupati Agam, Dr H Andri Warman gelar pertemuan dengan Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit yang baru terbentuk beberapa waktu lalu, di ruang rapat Bupati Agam, Rabu (16/11).

 

LKS Tripartit ini merupakan forum komunikasi, konsultasi dan musyawarah tentang masalah ketenagakerjaan, yang anggotanya terdiri dari unsur pemerintah, organisasi pengusaha dan serikat pekerja.

 

Bupati Andri Warman menyebutkan, bahwa dirinya juga termasuk dalam LKS Tripartit, karena juga berlatar belakang seorang pengusaha.

 

"Maka dengan telah terbentuknya LKS Tripartit ini, kita berharap tercipta keberhasilan dalam hubungan industrial," ujarnya yang juga selaku Ketua LKS Tripartit.

 

Hal ini katanya, ditandai dengan terbangunnya komunikasi yang efektif, meningkatnya saling pengertian serta tumbuhnya rasa saling memiliki, membutuhkan dan bertanggungjawab.

 

Kemudian meningkatnya kepercayaan antara pelaku hubungan industrial, serta kesepakatan Tripartit dalam mencegah dan menyelesaikan perselisihan hubungan industrial.

 

"Melalui pertemuan ini, kita dapat memahami betapa pentingnya LKS Tripartit yang merupakan bagian sarana hubungan industrial," sebutnya.

 

Sementara itu, Kepala DPMPTSP-Naker Agam, Mhd Lutfi mengatakan, LKS Tripartit periode 2022-2025 ini sudah terbentuk sejak beberapa waktu lalu, yang disahkan melalui keputusan Bupati Agam.

 

Ia menjelaskan, LKS Tripartit bertugas memberikan pertimbangan, saran dan pendapat kepada bupati dan pihak terkait dalam penyusunan kebijakan, serta pemecahan masalah ketenagakerjaan.

 

"Selanjutnya melaksanakan sidang secara berkala, paling kurang satu kali dalam sebulan atau sewaktu-waktu sesuai kebutuhan," katanya.

 

Kemudian menyampaikan laporan mengenai pelaksanaan tugas minimal satu kali dalam setahun kepada bupati, dengan tembusan Gubernur Sumbar dan Mentri Ketenagakerjaan. (t_m)