Wabup Agam hadiri pengukuhan pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Basung periode 2022-2025

AGAM, KOMINFO - Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, SH Dt. Parpatiah menghadiri pengukuhan pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Basung periode 2022-2025, Sabtu (11/12) di kantor KAN setempat.

 

Ketua KAN Lubuk Basung periode 2022-2025 dikukuhkan pati ambalau oleh Ketua Lembaga Kerapat Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat, Dr H Fauzi Bahar, M.Si. Dt Nan Sati.

 

Turut hadir pada pelantikan pengurus KAN Lubuk Basung periode 2022-2025 itu, Anggota DPR-RI Komisi II, Drs. H. Guspardi Gaus, M.Si., Dt Batuah dan pimpinan Forkopimda Kabupaten Agam.

 

Dalam sambutannya wabup mengatakan, ninik mamak memainkan peran penting dalam penerapan nilai-nilai Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah (ABS-SBK). Oleh karena itu, sangat dibutuhkan peran ninik mamak dalam mewujudkan visi-visi pemerintah daerah.

 

Menurut wabup, pemerintah daerah tidak dapat berjalan sendiri tanpa dukungan ninik mamak, ulama dan tokoh masyarakat.

 

Sejauh ini imbuh wabup, ninik mamak khususnya di Lubuk Basung, umumnya di Kabupaten Agam sudah bergerak memberikan dukungan terhadap program-program pemerintah daerah.

 

"Pemerintah daerah berterima kasih kepada semua ninik mamak, ulama dan masyarakat atas dukungan yang diberikan, sehingga pemerintahan dapat berjalan dengan baik," ucap wabup.

 

Wabup juga mengajak ninik mamak untuk terus menjalin koordinasi dengan pemerintah daerah dalam hal penyelesaian masalah-masalah kemasyarakatan.

 

"Pemerintah daerah membuka pintu selebar-lebarnua untuk berkomunikasi dan menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di tengah-tengah masyarakat," katanya lagi.

 

Ditambahkan wabup, challenge dari pemerintah dan ninik mamak dewasa ini adalah bagaimana nilai-nilai ABS-SBK dapat berjalan dengan baik.