BRI Kantor Cabang Bukittinggi dan Baznas Agam Tandatangani MoU Sebagai Bentuk Kerjasama

AGAM, KOMINFO - BRI Kantor Cabang Bukittinggi jalin kerjasama dengan Baznas Kabupaten Agam, ditandai dengan penandatangan MoU tentang layanan perbankan, Rabu (26/10).

 

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan pengukuhan Unit Pengumpul Zakat (UPZ). 

 

Bupati Agam, Dr H Andri Warman yang menyaksikan secara langsung mengapresiasi kerjasama dan pembentukan UPZ ini.

 

"Kita berharap perbankan lainnya ikut menyusul bekerjasama dengan Baznas Agam dan pembentukan UPZ ini," tuturnya.

 

Karena menurut Bupati, zakat terkumpul sangat membantu bagi masyarakat yang masuk kategori penerima manfaat. Apalagi bagi anak yang akan melanjutkan pendidikan, dengan latar belakang dari keluarga kurang mampu.

 

"Terkait pendidikan dibutuhkan peran semua pihak, bagaimana caranya agar anak tidak putus sekolah, sehingga dapat melahirkan generasi berkarakter dan berdaya saing ke depan," pungkasnya.

 

Reza Cahya Dwiputra selaku Pimpinan BRI Kacab Bukittinggi menyebutkan, ada beberapa layanan dalam kerjasama ini seperti, pembukaan rekening, penempatan dana, QRIS dan lainnya.

 

"Barcod QRIS kita serahkan pada Baznas Agam untuk ditempatkan diberbagai lokasi, dengan adanya QRIS masyarakat yang ingin berzakat bisa ditransfer ke rekening Baznas Agam dengan cara menscan barcode," ungkapnya.

 

Beliau menambahkan, terkait UPZ pihaknya akan mengumpulkan zakat karyawan dari 15 kantor, yang tersebar di Bukittinggi dan Agam.

 

"Kami berharap zakat yang terkumpul nanti dapat memberi manfaat bagi masyarakat, yang sesuai kriteria sebagai penerima," harapnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Baznas Agam, Isman Imran menyampaikan terima kasih kepada BRI Kantor Cabang Bukittinggi yang sudah bersedia bekerjasama dengan Baznas Agam serta membentuk UPZ.

 

"Terbentuknya UPZ BRI ini dapat menambah kekuatan Baznas Agam dalam mengumpulkan zakat, yang akan disalurkan pada mustahik," katanya.

 

Disampaikan Isman Imran bahwa saat ini sudah ada 13 UPZ. Dengan begitu, ia berharap ke depan menyusul BUMN lainnya dalam pembentukan UPZ ini.

 

Ia menjelaskan, akhir bulan ini Baznas Agam bakal salurkan beasiswa pada mahasiswa STAIPIQ Sumbar, serta yang kuliah di luar negeri.

 

"Beasiswa ini berasal dari zakat masyarakat, yang dipercayakan kepada Baznas Agam untuk mengelolanya," tutup Isman Imran.