Terbaik Tingkat Provinsi, Posyantek Nagari Koto Rantang Dinilai Tim Nasional

AGAM, KOMINFO - Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Raflesia Jaya Bersama yang berada di Nagari Koto Rantang Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam lakukan pemaparan inovasi yang dikembangkan untuk dinilai tim Nasional melalui virtual, Kamis (22/9).

 

Penilaian dilakukakan dalam rangka Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXIII Tahun 2022 yang akan diadakan di Provinsi Jawa Barat pada tanggal 18 s.d. 21 Oktober 2022 dengan tema “Melalui Gelar TTG Nasional, Kita Dukung Ketahanan Pangan dan Pemulihan Ekonomi Desa Berbasis Teknologi Tepat Guna”.

 

Setelah melalui seleksi tingkat Provinsi melawan 4 Kabupaten/Kota lainnya di Sumatera Barat, Posyantek Raflesia Jaya Bersama berhasil menjadi terbaik tingkat Provinsi. Hal ini menjadikan Posyantek Raflesia Jaya Bersama mewakili Provinsi Sumatera Barat ke tingkat Nasional bersama 12 Posyantek dari Provinsi lain se Indonesia.

 

Wilayah Koto Rantang yang terletak diperbukitan dan sebagian besar masyarakatnya adalah petani menjadi latar belakang para inovator menghasilkan alat inovasi untuk mengembangkan produksi pertanian sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pertanian.

 

“Tujuan didirikannya Posyantek adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat agar dapat menciptakan alat yang dapat membantu proses produksi pertanian demi meningkatkan pendapatan masyarakat itu sendiri,” disampaikan Asmardeti, Ketua Posyantek Raflesia Jaya Bersama.

 

Posyantek Rafflesia Jaya Bersama sudah menciptakan 12 alat yang digunakan oleh masyarakat Nagari Koto Rantang yang bermata pencarian di sektor pertanian. Sebanyak 311 orang masyarakat di Nagari Koto Rantang sudah memanfaatkan alat yang diciptakan para inovator Posyantek. 

 

“Saat ini kami sudah menjadi terbaik di tingkat Provinsi Sumatera Barat dan mudah-mudahan juga terbaik di tingkat Nasional.” Tutupnya.

 

Harapan yang sama juga disampaikan Drs. Asril, MM selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Nagari Kabupaten Agam seusai kegiatan penilaian dilaksanakan.

 

“Semoga Posyantek Raflesia Jaya Bersama menjadi Posyantek berprestasi tingkat Nasional, sehingga tidak hanya membanggakan desa dan nagari, tetapi juga membanggakan Agam dan Sumatera Barat ditingkat Nasional,” harapnya.