Pemkab Agam Bagikan 1500 Bibit Cabai Sebagai Upaya Pengendalian Inflasi

AGAM, KOMINFO - Demi mengendalikan laju inflasi di Provinsi Sumatera Barat sebagai upaya mendukung Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP), Pemerintah Kabupaten Agam melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan membagikan 1500 bibit cabai kepada ASN, Rabu (21/9).

 

Bibit cabai dibagikan kepada ASN sebagai tanda dimulainya pencanangan Gerakan Tanam Cabai se-Sumatera Barat. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI, Joko Widodo yang disampaikan dalam Rakornas Pengendalian Inflasi pada 18 Agustus 2022, tentang pengendalian tingkat inflasi daerah. 

 

Kepala Dinas Perikanan dan Ketaanan Pangan (DPKP) Kabupaten Agam, Rosva Deswira, S.Pi, M.Si menyebutkan kegiatan ini sebagai upaya mendukung GNPIP yang digelar Bank Indonesia bersama Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah untuk mengurangi laju inflasi bahan pangan dari sisi suplai dan mendorong produksi.

 

“Pemkab Agam menidak lanjuti hal tersebut dengan mendorong masyarakat untuk menanam cabai, dimulai dari ASN di lingkungan pemerintahan Kabupaten Agam,” ungkapnya.

 

Selain itu, Gerakan Tanam (Gertam) Cabai yang dilaksanakan DPKP Agam ini juga untuk mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Agam.

 

“Diharapkan ASN yang telah menerima bibit cabai bisa ditanam dengan baik di pekarangan rumah ataupun di dalam pot. Pemberian bibit ini sebagai stimulan kepada ASN untuk menambah menanam tanaman cabai di pekarangan rumah sehingga kebutuhan akan cabai tidak terpengaruhi oleh harga cabai di pasar,” jelas Rosva.

 

Kemudian, menurut Kadis DPKP nantinya akan disiapkan bibit cabai dalam polybag yang akan dibagikan kepada masyarakat atau Kelompok Wanita Tani (KWT) serta akan diberikan juga pembinaan pemanfaatan lahan pekarangan yang diberikan secara berkelompok.