Pelantikan dan Pengukuhan DPP IKKS Periode 2022-2027, Bupati : Mari Bersinergi Membangun Agam yang Lebih Maju

AGAM, KOMINFO - Pelantikan  dan pengukuhan Dewan Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Kamang Saiyo (DPP IKKS) periode 2022-2027 dilaksanakan di Rumah Gadang Gurun Joho Nagari Kamang Hilia, Sabtu (3/9). 

 

Kegiatan ini dimotori oleh Pemuda, PKK, dan perangkat pemerintahan Nagari Kamang Hilia, seluruh komponen warga Kamang Hila yang berdomisili di 'kampuang', serta dukungan dari warga Kamang Hilia di perantauan. 

 

DPP IKKS dilantik secara resmi oleh Wali Nagari Kamang Hilia, Khudri Elhami SPt. Kemudian kepengurusan DPP IKKS dikukuhkan oleh Bupati Agam, Dr H Andri Warman MM. 

 

Pada sambutannya Bupati menyampaikan 3 program pengembangan SDM yang berjalan di Kabupaten Agam yaitu bidang Agama yaitu rumah tahfidz, bidang adat istiadat , dan bidang bahasa inggris yaitu kampung inggris. 

 

"Semoga pengurus IKKS ke depannya dapat bersinergi antara pengurus di rantau dengan tokoh-tokoh masyarakat yang di kampung melalui wali nagari. Semoga dapat membangun Agam yang lebih maju", ujar Bupati. 

 

Ketua DPRD Agam Dr Novi Irwan SPd MM juga mengajak kepada pengurus yang terpilih untuk dapat berkontribusi untuk kemajuan nagari dengan bersama sama bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Agam baik kecamatan maupun nagari. 

 

"Dengan pelantikan DPP IKKS ini semoga kampung halaman semakin maju. Mudah mudahan 5 tahun ke depan tidak ada warga di Kamang Hilia yang kesusahan dan anak kemenakan kita yang bakat menari dan bermusik dapat didukung menjadi ahli adat dan budaya", ujarnya. 

 

IKKS tersebar di beberapa provinsi di Indonesia. Maka, dibutuhkan DPP IKKS yang berfungsi menjadi koordinator dari semua IKKS tersebut. 

 

Wali Nagari Kamang Hilia berharap kepada DPP IKKS yang telah terbentuk untuk segera memberikan kontribusinya yang sudah di tuangkan dalam berbagai gagasan dan ide sebelumnya. 

 

Ketua DPP IKKS Mufti Hamka Hasan MBA St Rajo Basa menyampaikan dalam sambutannya bahwa kepengurusan DPP IKKS ini akan dijalankan dengan prinsip berdasarkan profesionalisme dan transparan. 

 

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Ketua Bamus Kamang Hilia, Ketua-ketua Lembaga Nagari Kamang Hilia, serta perantau dari Jerman dan Belanda yang menyaksikan via zoom.