Dukung Tilatang Kamang Kembali Jadi Produsen Ikan, DPKP Agam Serahkan Benih Ikan Lele dan Sarana Produksi pada Pokdakan Talago Agam

AGAM, KOMINFO - Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam menyerahkan bantuan benih ikan lele, pakan dan sarana produksi kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Talago Agam di Jorong Tanjung Barulak Nagari Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang pada hari Senin, 22 Agustus 2022.

Bantuan ini diserahkan oleh Kepala Dinas yang diwakili oleh Kepala Bidang Budidaya Perikanan dihadapan Camat Tilatang Kamang beserta Wali Nagari sekecamatan Tilatang Kamang, Ketua Gapokkan Tilatang Kamang dan beberapa tokoh masyarakat lainnya.

Bantuan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Kelautan dan Perikanan tahun 2022 sebanyak 4 paket yang terdiri dari 1 paket budidaya ikan Lele di Kecamatan Tilatang Kamang serta 2 paket budidaya ikan Lele dan 1 paket budidaya ikan Gurami di Kecamatan Lubuk Basung.

Paket budidaya lele jumlah benih 20.000 ekor, pakan 2 ton dilengkapi sarana penunjang. Sedangkan paket budidaya gurami, jumlah benih gurami 5.000 ekor, pakan 2 ton dengan dilengkapi sarana penunjang.

Untuk Kecamatan Lubuk Basung rencananya akan diserahkan sekitar minggu ke IV bulan Agustus ini.

Penyerahan bantuan bertujuan sebagai stimulan bagi Pokdakan penerima sehingga bisa lebih meningkatkan produktivitas Pokdakan.

Khusus untuk Kecamatan Tilatang Kamang, bantuan ini juga dimaksudkan sebagai dukungan penuh pada Gabungan Kelompok Perikanan (Gapokkan) Lubuk Ikan Kecamatan Tilatang Kamang dalam mewujudkan visinya "Mambangkik Kembali Batang Tarandam, Menjadikan Tilatang Kamang Kembali Sebagai Produsen ikan di wilayah Agam Bagian Timur, Bukittinggi dan Sekitarnya".

Pada saat penebaran benih, Camat Tilatang Kamang beserta Wali Nagari Koto Tangah mengamanatkan kepada Pokdakan penerima agar bantuan yang diterima dipelihara dan dikembangkan sebaik-baiknya sehingga bisa menjadi salah satu sumber penghasilan bagi seluruh anggota Pokdakan.

Dalam sambutannya, Camat Tilatang Kamang menyampaikan, akan mengawal penuh pemanfaatan bantuan ini sehingga bisa berkembang dan menjadi stimulan bagi masyarakat sekitar untuk mengembangkan sektor perikanan di Kecamatan Tilatang Kamang.



Sumber: http://www.dpkpkagam.website/2022/08/dukung-tilatang-kamang-kembali-jadi.html?m=1<!--/data/user/0/com.samsung.android.app.notes/files/clipdata/clipdata_bodytext_220825_125903_188.sdocx-->