DPKP Agam Lakukan Pembinaan untuk Persiapan Lomba Kelembagaan Perikanan Budidaya Tingkat Provinsi Sumatera Barat

AGAM, KOMINFO - Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam melakukan pembinaan pada salah Unit Pembenihan Rakyat (UPR) yang tergabung dapam Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Sabar Subur di Jorong Cicawan Nagari Paninjauan Kecamatan Tanjung Raya pada hari Rabu, 24 Agustus 2022. 

 

Pembinaan ini dilakukan tim pembina dari Bidang Budidaya Perikanan DPKP Agam beserta Penyuluh Perikanan Nagari Paninjauan, dalam rangka persiapan untuk penilaian lomba kelembagaan usaha perikanan yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat. 

 

Untuk Kabupaten Agam, tim penilai dari DKP Provinsi Sumatera Barat dijadwalkan akan turun pada akhir Agustus atau awal September 2022. 

 

Di Bidang Budidaya Perikanan, terdapat 3 kategori yang diikut sertakan dalam lomba tersebut yaitu kategori Kelembagaan Pembudidaya Ikan yang diikuti oleh Pokdakan Sangkuriang Jaya Agam di Kecamatan Tilatang Kamang, kategori Unit Pembenihan Rakyat (UPR) yang diikuti oleh UPR Simpang Sidingin (anggota Pokdakan Sabar Subur) di Kecamatan Tanjung Raya dan kategori Balai Benih Ikan (BBI) yang diikuti oleh BBI Lubuk Basung. 

 

Kepala Bidang Budidaya, Doni Afdison, S. Pi berharap, sekurang-kurangnya Kabupaten Agam bisa mendapatkan salah satu penghargaan dari 3 kategori yang diikuti tersebut. 

 

Sementara, Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kab. Agam, Rosva Deswira, S. Pi, M. Si menyampaikan bahwa selain Bidang Budidaya Perikanan, lomba kelembagaan pelaku usaha perikanan ini juga diikuti oleh Bidang Perikanan Tangkap dan Bidang Peningkatan Kapasitas dan Daya Saing. 

 

Diharapkan masing-masing bidang bisa memperoleh penghargaan minimal 1 kategori per bidang nantinya. 

 

 

Sumber: https://www.instagram.com/p/ChqJT9CBhfG/?igshid=YmMyMTA2M2Y= (@dpkpagam)