Pesanggrahan Bung Hatta di Nagari Batu Palano Kabupaten Agam Sarat akan Sejarah

AGAM, KOMINFO - Memperingati 120 tahun kelahiran Bung Hatta, Pemerintah Kabupaten Agam bersama Yayasan Proklamator Bung Hatta (YPBH) gelar Napak Tilas untuk mengenang jejak perjalanan perjuangan Bung Hatta pada 2 etape yakni Bukittinggi dan Nagari Batu Palano, Kabupaten Agam pada Sabtu (13/8).

 

Bupati Agam Dr H Andri Warman, MM bersama anak proklamator, Meutia Hatta, Gemala Hatta dan Falida Hatta serta Ketua YPBH Prof Dr Meizar Rahman dan Rektor Universitas Bung Hatta Prof Dr Tafdil Husni, SE, M.B.A melepas rombongan napak tilas yang terdiri dari masyarakat umum, mahasiswa, pelajar di Istana Bung Hatta.

 

Bupati Agam dalam sambutannya saat melepas rombongan napak tilas mengatakan merasa bangga atas adanya kegiatan 120 tahun memperingati Kelahiran Bung Hatta, dan akan menjadikan pesanggrahan Bung Hatta di Batu Palano sebagai situs sejarah.

 

“Tempat itu akan kita pugar dan jadikan situs sejarah sehiggga menjadi bukti jika di Agam juga ada jejak sejarah Bung Hatta” Ucap Bupati

 

Pesanggarahan Bung Hatta di Batu Palano Kecamatan Sungai Pua ini berada di lereng Gunung Marapi dan merupakan bekas tempat peristirahatan sang proklamator.

 

Bangunan tersebut saat ini hanya tersisa bagian pondasi saja dan cerobong, Bupati juga menyebutkan akan mencarikan dana untuk renovasi pesanggrahan Bung Hatta.

 

“Nanti kita carikan dana untuk renovasi. Soal anggaran, kita coba masukkan lewat perubahan, semoga bisa terealisasi di 2023” tambah Bupati.

 

Sementara itu, Ibu Meutia yang merupakan anak dari Bung Hatta menyambut baik rencana Bupati Agam dengan memberikan apresiasi yang tinggi.

 

Menurut beliau Pesanggrahan Bung Hatta yang ada di Batu Palano memang betul, dikarenakan pada periode tersebut sang proklamator banyak melakukan kunjungan Sumatera akibat perjanjian Renville.

 

“Ketika proklamasi 1945, tahun berikutnya tambah gawat karena Belanda tidak rela kita merdeka, Bung Hatta itu pergi 4 kali ke Sumatera” ucapnya

 

Pada kegiatan ini Bupati beserta keluarga Bung Hatta dan rombongan melanjutkan beberapa kegiatan di Nagari Batu Palano dan ditutup dengan mengunjungi Pesanggrahan Bung Hatta di lereng Gunung Marapi.