Agam Terima Bantuan dari Kementan Untuk mempercepat pemerintahan khususnya dalam hal pangan

Agam, Kominfo - Kabupaten Agam Agam terima bantuan dari Kementerian Pertanian untuk mempercepat akselarasi pangan di Kabupaten Agam.

 

 

Bantuan berupa benih hortikultura, saprodi dan sarana prasarana itu, diserahkan Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi yang diterima oleh Bupati Agam, Dr Andri Warman, di Istana Bung Hatta Bukittinggi, Jum'at (12/8) malam.

 

 

"Kita lakukan kunjungan kerja ke empat daerah di Sumbar, salah satunya Agam. Jadi tidak ada salahnya akselarasi pangan juga dipercepat di Agam," ujar Wamen Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi.

 

 

Sebetulnya kata Harvick, bantuan ini yang tertunda tahun kemarin dan baru bisa diserahkan sekarang.

 

 

"Penyerahannya baru simbolis, kita minta Pemkab Agam terus mengawal agar bantuan bisa terealisasi dengan cepat," sebutnya.

 

 

Ke depan diharapkannya bagaimana Pemkab Agam bisa menggairahkan sektor pangannya, sampai menjadi kedaulatan pangan untuk National Resilience.

 

 

Hal ini menurutnya, supaya ketahanan pangan nasional juga bisa tercapai dengan cepat.

 

 

Menurut Bupati Andri Warman, bantuan itu akan membantu dalam percepat ketahanan pangan di Agam.

 

 

"Karena di tengah APBD yang terbatas, kita harus jemput bola untuk menggaet bantuan demi kepentingan masyarakat," katanya.

 

 

Bahkan, bupati komitmen dalam mempercepat ketahanan pangan ini, karena ekonomi masyarakat di Agam mayoritas bertumpu pada pertanian.

 

 

Buktinya, selain menerima berbagai bantuan, ia juga serahkan proposal kepada Wamen untuk pengembangan pertanian di Agam ke depan.

 

 

"Proposal ini kita kawal terus, agar bisa cepat ditindak lanjuti pemerintah pusat," ujarnya pula.

 

 

Dengan begitu, ia mengimbau masyarakat agar bisa berdayakan lahan tidur untuk bertani, karena katanya ini akan sangat membantu selain tercapainya ketahanan pangan ekonomi juga meningkat. 

 

 

Penyerahan bantuan itu disaksikan Meutia Hatta, yang merupakan anak sulung bapak proklamator Indonesia yaitu, Bung Hatta.