Pemkab Agam Lengkapi Fasilitas untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan

AGAM, KOMINFO - Pemkab Agam Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam tahun 2022 lengkapi fasilitas SD dan SMP sederajat untuk tingkatkan kualitas pendidikan.

 

Disdikbud menyediakan anggaran senilai Rp 2,2 Milyar melalui DAK yang dikelola secara swakelola dan anggaran senilai Rp 824 Juta melalui DAU untuk melakukan penambahan ruang di berbagai SMP sederajat yang ada di Kabupaten Agam, serta anggaran senilai Rp 717 juta melalui DAK untuk pengadaan alat praktik dan peraga siswa. 

 

Sedangkan untuk SD Disdikbud menganggarkan sebesar Rp 1,6 Milyar melalui dana DAU untuk rehabilitasi sedang/berat sarana prasarana dan utilitas sekolah serta penambahan ruang kelas baru.

 

Kemudian melalui DAK dianggarkan senilai Rp.14,6 Milyar untuk SD antara lain penambahan ruang UKS, ruang guru/kepala sekolah/TU, perpustakaan sekolah, pengadaan perlengkapan sekolah serta pengadaan mebel sekolah.

 

Berdasarkan tinjauan lapangan yang dilakukan Disdikbud Kabupaten Agam di SMPN 4 Lubuk Basung untuk pembangunan labor komputer saat ini sudah mencapai 70%.

 

Kepala Disdikbud Kabupaten Agam Drs Isra, M.Pd mengatakan pembangunan labor komputer di SMPN 4 Lubuk Basung dianggaran Rp. 490 juta yang diperkirakan selesai bulan November ini.

 

“Pembangunan dilaksanakan secara swakelola oleh Sekolah masing- masing dan dikerjakan oleh kelompok masyarakat (Pokmas)” ujarnya

 

Isra berharap dengan adanya pembangunan labor komputer ini akan menambah semangat siswa-siswi dalam proses belajar- mengajar sehingga mutu pendidikan di SMPN 4 Lubuk Basung meningkat

.

Kepala SMPN 4 Lubuk Basung, Deputra Ariandi M.Pd menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Agam yang telah memberikan bantuan pembangunan Labor Komputer.

 

“Dengan bantuan ini diharapkan dapat menunjang kegiatan belajar mengajar di SMPN 4 Lubuk Basung, khususnya di bidang TIK” ucapnya pada Rabu (10/8).

 

Senada dengan Kepala SMPN 4 Lubuk Basung, Kepala SDN 22 Ujung Pandang Joni Anwar,S.Pd mengucapkan terimakasih atas pembangunan UKS dan ruang perpustakaan yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar siswa-siswi dan pembangunan sarana pendidikan ini dapat terus dilakukan dan berkelanjutan demi meningkatnya kualitas pendidikan di Kabupaten Agam tutupnya.