Kepala BKPSDM Agam membuka secara resmi open turnament catur Bupati Agam Cup I

AGAM, KOMINFO - Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, MM diwakili Kepala BKPSDM, Yunilson membuka secara resmi open turnament catur Bupati Agam Cup I yang digagas Percasi Agam, Sabtu (6/8).

 

Menurut bupati, permainan catur bukan sekadar cabang olahraga semata. Pasalnya, permainan catur memiliki banyak manfaat baik dari segi kesehatan, karakter maupun kehidupan bermasyarakat.

 

Dikatakan, permainan catur dapat meningkatkan fungsi otak, melatih kesabaran, meningkatkan konsentrasi, mengembangkan pemikiran logis, meningkatkan daya imajinasi dan kreatifitas.

 

"Permainan catur juga mengajarkan kemandirian dalam mengambil keputusan, mengembangkan kemampuan menganalisa dan memprediksi kemungkinan yang akan terjadi pada sebuah keputusan," tuturnya.

 

Menurutnya lagi, filosifi catur jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari akan memberikan pengaruh terhadap karakter seseoang. Sebab, catur adalah bagaimana mengatur strategi dalam kehidupan.

 

Pada kesempatan itu, bupati juga menyambut secara khusus para pecatur yang berasal dari luar daerah. Bupati juga mengajak para peserta untuk menikmati destinasi wisata yang ada di Agam.

 

Turut hadir pada pembukaan open turnamen, Pengurus Percasi Provinsi Sumbar, Azraf Zawir, WN, Ketua Percasi Agam, Budi Prawira Negara, perwakilan Bank Nagari Lubuk Basung.