Festival Pesona Danau Maninjau 2022 Dongkrak Pendapatan Ekonomi Masyarakat Salingka Danau

AGAM,KOMINFO - Dalam rangka pelestarian Danau Maninjau Pemerintah Kabupaten Dan Provinsi gelar Festival Pesona Danau Maninjau (FesDaMa) yang melibatkan Dinas Parpora, Disdikbud Kabupaten Agam dan Badan Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Prov.Sumbar pada tanggal 27 - 31 Juli 2022, di Linggai Park dan Nagari Sungai Batang dongkrak ekonomi masyarakat sekitar.
 
Kegiatan diawali dengan arak-arakan jamba yang dibawa oleh 1 orang dengan pendamping 4 orang masing masing OPD , 9 nagari, dan dari Disparpora 15 Jamba sebagai penyelenggara serta 1 dari Kecamatan diiringi  musik tradisional tambua tansa dari Nagari Duo Koto Kecamatan Tanjung Raya.

Pembawa jamba memakai baju kurung basiba warna merah yang melambangkan bendera Luhak Agam dengan total peserta pawai jamba  260 orang dan dibuka secara resmi oleh Gubernur  yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Drs Luhur Budianda, Sy. M.Si didampingi Bupati Agam DR Andri Warman, MM serta Forkopinda dan beberapa Kepala OPD serta Kepala BPNB Provinsi Sumatera Barat .
 
Dalam sambutannya gubernur menyampaikan bahwa festival ini adalah salah satu bentuk untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke provisi Sumatera Barat.
 
“Even ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke provinsi Sumatera Barat khususnya di daerah yang selama 2 tahun terakhir mengalami penurunan karna pandemi Covid 19 dan juga melestarikan budaya lokal dalam menghadapi pengaruh budaya luar serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat “ ungkapnya
 
Tari Katan Goreng  dari Sanggar Pitunggua Agam Lubuk Basung yang mendapat predikat sebagai  juara favorit  pada acara APKASI Otonomi Daerah Tahun 2022 bulan Juli Lampau di Jakarta dengan penari 12 orang, tari Rampak Badarak  9 orang penari, peragaan busana daerah sebanyak 12 peserta dan kolaborasi musik tradisional dan modern diikuti 12 orang peserta juga ikut meramaikan festival ini juga disiarkan secara langsung melalui chanel youtube Diskominfo Agam. 
 
Sementara lomba  yang diadakan yaitu pasambahan adat dari masing-masing kecamatan yang berjumlah 160 orang, lomba lagu minang dengan peserta 38 orang yang berasal dari berbagai daerah di Sumatera Barat, lomba menggambar dan mewarnai Taman Kanak-kanak (TK) se Kab Agam 710 orang, dan Fun Bike Tour de Maninjau sebanyak 650 orang yang merupakan penutup acara FesDaMa di Objek Wisata Linggai Park.
 
Dilain pihak, Disdikbud Kab. Agam menggelar acara di Nagari Sungai Batang yaitu Kemah Napak Tilas Buya HAMKA dari siswa 16 SMP piloting Program CAKAP yg dilounching oleh Bupati Agam Dr H Andri Warman MM beberapa waktu yg lalu.
 
"Dalam kegiatan Napak tilas tersebut siswa diberi wejangan ttg kepemimpinan Minang kabau oleh tokoh adat dan budaya Yus Dt Perpatiah serta mengunjungi gudang kitab Kuno yg merupakan penyimpanan buku buku ayah Buya HAMKA dan milik HAMKA sendiri serta lomba ceramah dengan karakter BUYA HAMKA" terang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs, Isra,M.Pd melalui Kepala Bidang Kebudayaan Drs Jupri, M.Pd yang dihubungi via whatsAPP Rabu (3/8).
 
Lanjut, BPNB gelar  Pegelaran seni tradisional dari 5 Danau (Singkarak, Ateh Bawah, Danau Ranau & Dandam Ndak Sudah) sesuai dengan wilayah kerja BPNB itu sendiri yang diselenggarakan di Medan Nan Bapaneh nagari Sungai Batang yang disiarkan melalui Chanel YouTube Diskominfo Agam
 
Diperkirakan total pengunjung & peserta yang hadir selama kegiatan FesDaMa 2022  lebih kurang 15 ribu orang pada dua tempat pelaksanaan festival.
 
Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga menyebutkan selama kegiatan total pengunjung yang hadir di Linggai Park mencapai 7.157 orang.
 
Angka tersebut sangat berdampak pada sektor ekonomi bagi pelaku usaha kecil mikro dan menegah (UMKM) khususnya kuliner olahan masyarakat Danau Maninjau. Total 18 UMKM  dengan berbagai jenis produk yang hadir  pada kegiatan Festival Pesona Danau Maninjau tersebut.
Yang didominasi oleh pedagang kaki lima (PKL)  berjumlah mencapai 53 PKL dengan menjual dagangan di tengah keramaian pengunjung baik di dalam maupun di luar lokasi kegiatan
 
Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Syatria,S.Sos,M.Si menyebutkan perkiraan penambahan ekonomi masyarakat pada kegiatan Festival Pesona Danau Maninjau dari sisi UMKM dan PKL cukup besar.
 
“Berdasarkan pengambilan sampel di lapangan melalui wawancara langsung kita dapatkan total pendapatan UMKM dan PKL selama kegiatan tersebut mencapai Rp.257.000.000,-“ Terang Syatria.