Permudah Aktivitas Warga, Pemkab Agam Terus Benahi Infrastruktur

AGAM, KOMINFO - Pada semester I Tahun Anggaran 2022 Pemerintah Kabupaten Agam melalui beberapa OPD realisasikan pembangunan infrastruktur di beberapa lokasi yang ada di Kabupaten Agam.

 

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM lakukan pembangunan pasar Inpres Padang Baru Lubuk Basung sementara Dinas Pertanian Dan Tanaman Pangan bangun dan rekontruksi infrastruktur pertanian di berbagai Kecamatan.

 

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Agam juga lakukan pembangunan infrastruktur kerakyatan di beberapa titik salah satunya adalah pembangunan jalan di Jorong Labuhan, Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara. 

 

Rekontruksi jalan Durian Kapeh - Labuhan ini menggunakan dana alokasi khusus reguler tahun anggaran 2022 yang bersumber dari dana APBD dengan nilai kontrak Rp.5.158.803.800,- dengan panjang jalan 3km dan lebar 3 meter yang dikerjakan oleh PT. Anugerah Karya Bersama Persada.

 

Kepala Dinas PU dan Tata Ruang Kabupaten Agam menyampaikan saat ditemui di ruang kerjanya Senin (1/8) mengatakan dengan rekontruksi jalan ini semoga bisa memperlancar mobilitas dan memangkas jarak tempuh masyarakat yang sebelumnya jalan tersebut rusak sehingga masyarakat membutuhkan waktu lebih untuk menuju ke lokasi tertentu. 

 

Hal senada juga disampaikan Mardios, Walinagari Tiku V Jorong di kantornya Senin (1/8) saat ditemui mengucapkan rekontruksi ini merupakan dambaan masyarakat khususnya di Nagari Tiku V Jorong dimana akses tersebut sangat diperlukan masyarakat dalam menunjang ekonomi.

 

“Pengaspalan jalan yang telah selesai tersebut kami merasa bersyukur karena selama ini yang kami dambakan alhamdulillah pada hari ini telah terealisasi sepenuhnya” ucap Mardios 

 

Rekontruksi jalan ini sangat berdampak terhadap akses transportasi masyarakat, baik dari segi ekonomi bagi nelayan yang menjual hasil laut dengan harga yang sedikit tinggi ke luar daerah, petani sawit juga dapat membawa hasil panennya lebih banyak, pelaku usaha kecil bisa dengan mudah berdagang masuk ke wilayah Jorong Labuan.

 

Zal seorang petani sawit mengatakan saat ini merasakan kemudahan akses jalan dimana dia dapat memangkas jarak tempuh sekitar 15 menit dan dapat mengirimkan hasil sawit 3 ton lebih dari yang biasanya serta tidak khawatir memikirkan biaya perbaikan kendaraan akibat jalanan yang rusak.

 

Perbaikan jalan ini juga dirasakan oleh guru SD di Labuhan yang berasal dari luar Nagari Tiku V Jorong karena akses yang ditempuh sudah bagus sehingga dengan adanya rekontruksi ini waktu tempuh perjalanan bisa dipercepat dan nyaman dalam perjalanan.

 

Masyarakat Jorong Labuhan mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Agam di bawah kepemimpinan Bupati Dr Andri Warman, MM yang telah merealisasikan rekontruksi jalan dengan pembangunan dalam waktu yang singkat.

 

“Kami sangat senang dengan pembangunan yang sangat cepat ini, dan kami masyarakat Labuhan mengucapkan terimakasih banyak kepada Bupati Agam atas perbaikan jalan yang ada di wilayah kami” ucap Meneris masyarakat Jorong Labuhan.

 

Di lain pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Agam saat ini juga sedang melakukan pembangunan jembatan menggunakan dana hibah BNPB di jembatan Ujung Karang dengan nilai kontrak Rp633.069.500 yang dikerjakan oleh CV Bintang Sago Jaya, dan jembatan Labuan dengan nilai kontrak sebesar Rp952.965.500 yang dikerjakan oleh CV Anugerah Bunda dengan perkiraan 2 jembatan tersebut selesai pada Bulan Oktober 2022 dengan panjang 7,6m dan lebar 6m. 

 

Sekretaris BPBD , Hardoni berharap dengan adanya jembatan ini semoga berguna dan bermanfaat bagi masyarakat.

 

“Semoga jembatan tersebut bermanfaat bagi masyarakat dalam penanggulangan pasca bencana di Labuhan” tutur Hardoni

 

Pemerintah Kabupaten Agam sepanjang tahun 2022 ini akan terus melakukan pekerjaan infrastuktur di beberapa titik lokasi yang merata di berbagai Kecamatan yang ada di Kabupaten Agam.