Kabupaten Agam Jadi Lokasi Implementasi, Pertamina Uji Coba Pendaftaran Pembelian Pertalite  JBKP dan Solar JBT

AGAM, KOMINFO - PT Pertamina (Persero) akan melakukan uji coba pembelian jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) Khusus Penugasan (JBKP) dan jenis BBM tertentu (JBT) seperti Solar dan Pertalite. 

 

Konsumen solar JBT dan Pertalite JBKP  diwajibkan melakukan pendaftaran melalui website https://subsiditepat.mypertamina.id/ mulai 1 Juli 2022. 

 

Kabupaten Agam menjadi salah satu dari 11 kota dan kabupaten yang akan melakukan uji coba implementasi tahap 1 dimana program sosialisasi dilakukan tanggal 1-15 Juli 2022. 

 

Pertamina Patra Niaga Sales Area Retail Sumbar menjelaskan kewajiban pendaftaran diberlakukan kepada seluruh konsumen yang ingin melakukan pembelian Solar JBT dan seluruh konsumen kendaraan roda 4 (empat) yang ingin melakukan pembelian Pertalite JBKP. 

 

Setelah pendaftaran, tahap selanjutnya dilakukan pencocokan data antara isian data dengan foto yang telah upload oleh konsumen di website. Jika dinyatakan lolos pencocolan data, setiap kendaraan akan memiliki kode QR guna bertransaksi melakukan pembelian Solar JBT dan Pertalite JBKP. 

 

Rencana implementasi ini akan dilakukan secara bertahap dimana masa transisi akan dilaksanakan pada tanggal 16-31 Juli 2022 dan implementasinya akan dilaksanakan mulai 1 Agustus 2022. 

 

Berikut tata cara daftar MyPertamina untuk membeli solar subsidi dan Pertalite: 

 

1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu KTP, STNK, Foto diri, Foto kendaraan (tampak depan, tampak samping, tampak no polisi, tampak roda), NPWP jikq diperlukan, dan dokumen pendukung lainnya. Untuk pengguna subsidi non kendaraan harap mempersiapkan Surat Rekomendasinya. 

 

2. Buka website subsiditepat.mypertamina.id 

 

3. Centang informasi memahami persyaratan 

 

4. Klik daftar sekarang 

 

5. Ikuti instruksi dalam website tersebut 

 

6. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan atau cek status pendaftaran di website secara berkala 

 

7. Apabila sudah terkonfirmasi, unduh / download kode QR dari website dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina.