MTQ ke-XL Kabupaten Agam 2022 Resmi Digelar, Kecamatan Palupuh Jadi Tuan Rumah

AGAM, KOMINFO-Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi  membuka secara resmi acara MTQ Nasional ke-XL ditingkat Kabupaten Agam tahun 2022, yang berlokasi di Nagari Nan Tujuh, Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam pada Kamis(26/05). 

 

Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi di dampingi oleh Bupati Agam Dr. H. Andri Warman MM secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional Ke XL tingkat Kabupaten Agam yang akan digelar selama 5 hari (27 Mei - 30 Mei 2022) (26/5). 

 

Turut hadir di acara tersebut Gubernur Sumbar Mahyeldi, Bupati Agam Andri Warman, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat atau yang mewakili, Forkopimda Kabupaten Agam, Ketua LPTQ Sumatera Barat, Sekretaris Daerah staf ahli, asisten, Kepala Dinas Kepala Badan yang ada di lingkungan Pemerintah kabupaten Agam, Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Agam, para Camat se-kabupaten Agam, Camat Palupuh beserta jajarannya hadir, para Wali Nagari tokoh-tokoh masyarakat,Ninik mama alim ulama,cadiak Pandai, Bundo Kanduang para kafilah, pelatih, pendamping serta hadirin undangan. 

 

Acara diawali dengan Parade Kafilah dari 16 Kecamatan dan didampingi oleh Camat dari masing-masing Kecamatan.

Pelaksanaan MTQ diresmikan dengan pemukulan Bedug oleh Buya Mahyeldi dan Bupati Agam di dampingi juga oleh Kakanwil Kemenag Sumbar,  LPTQ dan pihak terkait lainnya.

Gubernur Mahyeldi menyebutkan, MTQ ini adalah stimulan dalam mempercepat kuantitas dan kualitas rumah tahfiz di Agam, sebagaimana yang menjadi salah satu visi misi Kab. Agam. 

 

"Selain rumah tahfiz, MTQ ini juga dapat mendorong peningkatan kehidupan masyarakat lebih baik ke depan," ujarnya. 

 

Dikatakannya, Al-Qur'an adalah landasan kehidupan masyarakat terutama di Minangkabau, dengan falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. 

 

"Maka untuk meningkatkan kehidupan masyarakat dengan Al-Qur'an sudah semestinya dilakukan," sebut gubernur yang akrab disapa buya itu. 

 

Menurut Bupati, dalam MTQ yang ke-40 ini ada perubahan nilai yang akan  diusahakan diantaranya yakni menumbuhkan  kecintaan umat khususnya masyarakat kabupaten Agam untuk membaca Alquran. 

 

"Mudah-mudahan melahirkan generasi-generasi putra-putri kabupaten Agam, dalam hal keagamaan yaitu penghafal Alquran," harap Bupati Andri Warman. 

 

Kami berharap dengan terselenggaranya acara hari ini agar Pemerintahan Provinsi dan Kanwil Kementerian Agama tetap memberikan pembinaan dalam penerapan nilai-nilai luhur Alquran pada generasi muda di Kabupaten Agam. Kemudian agar OPD-OPD terkait dengan Kantor Kementerian Agama dapat bersinergi dalam memaksimalkan program-program keagamaan, 

 

Selanjutnya ditambahkannya, agar Ninik mamak, Cadiak Pandai dapat memberikan bimbingan dan tuntunan yang baik kepada generasi muda  

 

Bupati Agam juga menyampaikan, Pemda sedang berusaha untuk meningkatkan rumah-rumah Tahfidz yang ada di kabupaten Agam. "Saat ini rumah Tahfidz tapi sudah mendekati 200 rumah Tahfidz Kabupaten Agam. Target kami insya Allah bisa mencapai 500 rumah Tahfidz dengan 1 rumah Tahfidz 1 jorong di Kabupaten Agam," terang Bupati 

 

Sekdakab Agam, Edi Busti selaku ketua LPTQ melaporkan, MTQN ke-XL Agam ini diikuti seluruh kecamatan dengan jumlah kafilah 1.000 lebih. 

 

Ia menyebutkan, MTQ selain ajang kompetisi tentu juga dapat mendorong kafilah lebih intens, berlatih dan belajar mengasah skill sesuai bidangnya masing-masing. 

 

“Agam miliki qori dan qoriah yang potensial di Sumbar, tentu melalui MTQ kali ini potensi itu akan muncul kepermukaan, sehingga bisa berikan kontribusi bagi daerah dalam menggenjot prestasi di level lebih tinggi,” terangnya. 

 

Ia menjelaskan, MTQN ke-XXXIX Sumbar Kabupaten Agam berhasil menempati peringkat lima, bahkan MTQ tingkat nasional Agam juga ikut berkontribusi bagi kafilah Sumatera Barat. 

 

Untuk itu, MTQ kali ini awal bagi qori dan qoriah Agam untuk persiapkan diri dalam menghadang MTQ Sumbar, yang bakal digelar 2023 di Kabupaten Solok Selatan. 

 

“Sekaligus momen untuk mengevualuasi sejauh mana keberhasilan pembinaan yang telah kita lakukan selama ini,” sebutnya 

 

Pada acara pembukaan MTQ ke-XL ini dewan hakim yang akan menjadi juri seluruh cabang perlombaan dilantik oleh Bupati Agam. Piala bergilir MTQ pun sudah diserahkan kembali. Harapannya seluruh perlombaan berjalan lancar dan adil. 

 

Pembukaan MTQ juga turut diramaikan oleh UMKM yang menjual produk khas daerah. Acara tersebut diakhiri dengan tarian kolosal, permainan tambua dan tansa, serta atraksi silat dari Sanggar Dapur Kreasi Seni Pabros, dibantu siswa siswi SMPN 1 Palupuh, dan Anak Nagari Palupuh.