Pemkab Agam Ikuti Penilaian Gerakan Menuju Smart City 2023

AGAM, KOMINFO - Pemerintah Kabupaten Agam ikuti Penilaian (asessment) gerakan menuju Kota Cerdas atau Smart City 2023, secara virtual di Mess Pemerintah Kabupaten Agam, Belakang Balok, Kamis (14/4).

 

Smart City ini merupakan program dari Kementerian Kominfo RI, yang hari ini penilaiannya dilakukan terhadap Kabupaten Agam.

 

Penilaian ini dihadiri Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, Kadis Diskominfo, Rahmad Lasmono, AP, S. Sos, MAP, Kepala Bappeda, Endrimelson, S.Kom, Kepala Badan Keuangan Daerah, Hendri G, SE.MM, Kadis Disdukcapil, Helton, SH, Kepala BPKSDM, Yunilson,S.Sos dan beberapa pimpinan OPD lainnya.

 

Penilaian ini untuk memilih 50 kabupaten dan kota, yang seterusnya akan mendapatkan pendampingan penyusunan masterplan Smart City dari Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo RI.

 

Hari ini Pemerintah Kabupaten Agam berkesempatan menjelaskan dan memaparkan kondisi pengembangan TIK dalam rangka pembangunan Smart City.

 

Prioritas Pembangunan Daerah Kabupaten dalam Komponen Smart City, Membanguan Birokrasi yang Modern dan Efektif, Meningkatkan Kesejahteraan Petani (Petani Berseri), Membangun UMKM Tangguh, Membangun dan Mengembangkan Pariwisata dengan kearifan lokal, Membangun Infrastruktur yang Responsiv terhadap Mitigasi bencana, Membangun Pendidikan unggul untuk semua, Pembangunan Kesehatan Berkualitas  dan Terjangkau, Menjadikan Nagari sebagai episentrum pembangunan dengan dukungan perantau.

 

“Dengan mengikuti penilaian ini tentu kita miliki peluang jadi salah satu dari 50 kabupaten dan kota yang akan dapat pendampingan tersebut”. Ujar Bupati Agam.