Tingkatkan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Kabupaten Agam Resmikan Dua Pojok Pengawasan Di Perpustakaan Nagari

Bawaslu Kabupaten Agam resmikan dua Pojok Pengawasan di Nagari yaitu di Perpustakaan Nagari Manggopoh dan Perpustakaan Bahrul Ulum Nagari Lubuk Basung pada Jumat (25/2/2022). Perpustakaan Nagari Manggopoh dan Perpustakaan Bahrul Ulum Nagari Lubuk Basung menjadi Perpustakaan pertama yang memiliki Pojok Pengawasan di Sumatera Barat.

 

Peresmian Pojok Pengawasan ini dilakukan dalam rangkaian kegiatan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Bawaslu Kabupaten Agam dengan Pemerintah Nagari Lubuk Basung serta Perjanjian Kerjasama antara Bawaslu Kabupaten Agam dengan Pemerintah Nagari Manggopoh. Kegiatan ini dilaksanakan pada dua tempat yang berbeda pada waktu yang bersamaan yaitu di ruang Perpustakaan Nagari Manggopoh dan ruang Perpustakaan Nagari Lubuk Basung. Usai pelaksanaan penandatanganan Perjanjian Kerjasama  , kegiatan dilanjutkan dengan pengguntingan pita peresmian pojok pengawasan dan penyerahan buku bacaan untuk Pojok Pengawasan. Pada kesempatan ini, Bawaslu Kabupaten Agam menyerahkan buku setidaknya 25 judul sebagai bahan bacaan di masing masing Pojok Pengawasan Perpustakaan Nagari.

 

Membangun kerjasama dengan berbagai lembaga pemerintah dan organisasi, merupakan kegiatan hubungan antar lembaga yang terus dilakukan Bawaslu Kabupaten Agam untuk membangun sinergi dengan semua pihak dalam mensukseskan Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024. Demikian juga dengan Pojok Pengawasan yang merupakan salah satu program pengawasan partisipatif Bawaslu secara Nasional.

 

 

Perpustakaan Nagari Lubuk Basung 

 

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama di Nagari Lubuk Basung dihadiri langsung oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Agam (Elvys dan Iska Asmarni), Korsek Bawaslu Kabupaten Agam (Yuli Zamra), Camat Lubuk Basung yang diwakili oleh Kasi Trantib (Windra Purnama), Wali Nagari Lubuk Basung (Darma Ira Putra) dan jajaran pemerintahan Nagari Lubuk Basung. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengundang Wali Nagari persiapan di Lubuk Basung, Bamus Nagari Lubuk Basung dan lembaga yang ada di Nagari Lubuk Basung.

 

Acara dimulai dengan sambutan Wali Nagari Lubuk Basung selaku tuan rumah. Dalam sambutannya Wali Nagari Lubuk Basung menyampaikan terimakasih kepada Bawaslu Kabupaten Agam yang telah mewujudkan Perjanjian Kerjasama dengan Pemerintahan Nagari Lubuk Basung tentang Pendidikan Politik kepada Pemilih dan Pengembangan Pengawasan Partisipatif, dan Peresmian Pojok Pengawasan di Perpustakaan Nagari Lubuk Basung. Disamping itu, ia berharap melalui Perjanjian Kerja sama ini mampu meningkatkan Partisipasi Pemilih di Nagari Lubuk Basung dan berperan aktif dalam pengawasan Pemilu Tahun 2024 nantinya. Kemudian Camat Lubuk Basung yang diwakili oleh Kasi Tantrib Windra Purnama menyampaikan apresiasi dan harapannya dengan adanya Perjanjian Kerjasama ini.

 

“Saya mengapresiasi Perjanjian Kerjasama antara Bawaslu Kabupaten Agam dengan Pemerintahan Nagari Lubuk Basung, karena melihat pengalaman Pemilu sebelumnya di Nagari Lubuk Basung, jumlah TPS di Nagari Lubuk Basung ini sangat banyak bahkan perbandingannya jumlah TPS di Nagari Lubuk Basung sama dengan jumlah TPS di Kota Padang Panjang. Mengingat hal tersebut melalui Perjanjian Kerjasama ini diharapkan peran aktif seluruh lapisan masyarakat di Nagari Lubuk Basung untuk mensukseskan Pemilu/Pemilihan Tahun 2024 dan ikut berperan aktif melakukan pengawasan partisipatif pada Pemilu Tahun 2024”, ujar Windra.

 

Ini merupakan langkah strategis Bawaslu Kabupaten Agam dalam rangka persiapan Pemilu Tahun 2024. Melalui Perjanjian Kerjasama ini diharapkan kegiatan pengawasan partisipatif di Nagari Lubuk Basung dapat berjalan baik demi suksesnya pengawasan Pemilu Tahun 2024 nantinya. Mengingat luasnya Nagari Lubuk Basung dan terbatasnya personel Pengawas Pemilu di tingkat Nagari hanya satu orang per-Nagari, tentu pengawasan partisipatif oleh masyarakat menjadi penting. Hal ini dijelaskan Elvys Ketua Bawaslu Agam dalam sambutannya sebelum peresmian Pojok Pengawasan di Perpustakaan Nagari Lubuk Basung.

 

“Melihat prestasi yang di raih oleh Nagari Lubuk Basung dalam kategori Perpustakaan terbaik Nasional tiga kali berturut-turut merupakan capaian yang luar biasa oleh pemerintah Nagari Lubuk Basung. Tentunya prestasi ini di dukung juga oleh antusiasme masyarakat Nagari Lubuk Basung dalam mengembang Perpustakaan Nagari Lubuk Basung. Berdasarkan hal tersebut Bawaslu Kabupaten Agam melihat peluang untuk membangun Perjanjian Kerjasama dengan pemerintahan Nagari Lubuk Basung dan Nagari Manggopoh tentang Pendidikan Politik Kepada Pemilih dan Pengembangan Pengawasan Partisipatif”, pungkas Elvys.

 

 

Perpustakaan Nagari Manggopoh

 

Pada waktu yang bersamaan juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama dan peresmian Pojok Pengawasan di Nagari Manggopoh. Penandatanganan Perjanjian Kerjasama di Nagari Manggopoh dihadiri oleh 3 orang Komisioner Bawaslu Kabupaten Agam (Okta Muhlia, Eri Efendi dan Hendra Susilo), Plt.Camat Lubuk Basung Rizona Guiza, S.Ip,, Wali Nagari Manggopoh (Ridwan) dan jajaran pemerintahan Nagari Manggopoh. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengundang Bamus Nagari Manggopoh, Wali Jorong dan lembaga yang ada di Nagari Manggopoh.

 

Plt.Camat Lubuk Basung Rizona Guiza, menyambut baik langkah langkah yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Agam dalam memberikan pemahaman politik pada masyarakat melalui program pengawasan partisipatif. Kemudian Ridwan Wali Nagari Manggopoh menyampaikan terimakasih kepada Bawaslu Kabupaten Agam atas inisiasi kerjasama ini, terutama untuk pemanfaatan Perpustakaan Nagari Manggopoh dalam agenda pengawasan partisipatif menuju Pemilu Tahun 2024. Ia berharap  Pemilu Tahun 2024 di Nagari Manggopoh berjalan dengan aman, damai dan sesuai dengan peraturan perundangan-undangan.

 

“Seperti kita ketahui sebentar lagi akan dilaksanakan Pemilu serentak Tahun 2024, yang tentu persiapannya dilaksanakan dari sekarang. Pemerintah Nagari Manggopoh siap untuk menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi yang akan kita laksanakan bersama”, ujar Ridwan.  

 

Selanjutnya Okta Muhlia Kordiv Pengawasan Bawaslu Agam menyampaikan bahwa penandatanganan Perjanjian Kerjasama dan Peresmian Pojok Pengawasan ini menjadi langkah awal bersama untuk berbagai kegiatan partisipatif yang dapat di laksanakan bersama untuk menyukseskan Pemilu Tahun 2024, karena mewujudkan Pemilu yang demokratis adalah tanggung jawab semua pihak. Nantinya Pojok Pengawasan ini dapat menjadi pusat pendidikan politik kepada masyarakat, khususnya masyarakat Nagari Manggopoh dan Lubuk Basung.

 

“Kita pilih Perpustakaan Nagari Manggopoh dan Perpustakaan Nagari Lubuk Basung menjadi percontohan pojok pengawasan diluar kantor Bawaslu karena kedua Perpustakaan ini meraih prestasi sebagai Perpustakaan terbaik Nasional kategori Inklusi Sosial Tahun 2021 kemaren. Bahkan Perpustakaan Bahrul Ulum telah mendapatkan penghargaan yang sama selama 3 tahun berturut turut”, pungkas Okta Muhlia.