Buka Audisi Pemilihan Uda Uni 2021, Bupati Agam Harap Peserta Paham Ilmu Kepariwisataan

AGAM, DISKOMINFO - Sebanyak 39 putra putri terbaik Kabupaten Agam ikuti audisi pemilihan Uda Uni Duta Wisata 2021, yang dibuka Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, di Hotel Wahid Lubuk Basung, Kamis (30/9).

Pembukaan audisi ini dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Syatria, para dewan juri dan ikatan Uda Uni Agam selaku panitia penyelenggara.

Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman menyebutkan, peserta yang mengikuti audisi ini merupakan orang terpilih dan memenuhi kualifikasi sebagai duta wisata, sehingga diharapkannya nanti terpilih peserta terbaik yang akan mewakili Agam ke tingkat Sumbar.

"Kita berharap peserta ini juga memahami ilmu kepariwisataan, bukan hanya segi pengembangan wisata tapi juga menyangkut apa yang akan disuguhkan pada wisatawan, misalnya UMKM," ujarnya.

Dengan begitu, ia ucapkan selamat pada peserta yang akan mengikuti audisi ini.

"Siapapun nanti yang terpilih sebagai duta wisata tentu secara langsung mewakili Agam ke tingkat Sumbar, dengan harapan juga menjadi duta yang akan melaju ke nasional," sebutnya.

Bupati yang akrab disapa AWR ini menyatakan, peserta terbaik nanti akan diberikannya reward khusus, sebagai motivasi bagi peserta untuk semangat mengikuti audisi ini.

Sementara itu, Kepala Disparpora Agam, Syatria mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dua tahap, hari ini audisi dan dilanjutkan grand final 6 Oktober 2021, di Balairung Rumah Dinas Bupati Agam.

"Kegiatan ini sempat fakum satu tahun, tidak ada pemilihan akibat pandemi Covid-19. Tahun ini terlaksana dengan peserta 39 orang, utusan dari setiap kecamatan dan perorangan atau kelompok masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan, penilaian tahun ini ada pengembangan terhadap person-person yang dipilih wakili Agam ke tingkat Sumbar. Tidak hanya promosikan wisata, tapi lebih pada produk ekonomi kreatif.

"Apalagi Agam kini telah miliki 21 nagari wisata, yang idealnya miliki daya tarik, produk ekonomi kreatif, SDM mengelolanya, abilitas dan fasilitas untuk mendukung sektor pariwisata di nagari itu," terang Syatria.

Namun, pada audisi ini peserta tidak hanya ditekankan pada ilmu itu saja, tapi meliputi adat istiadat, behavior, onlybeauty serta brand juga harus diutamakan. (t_m)