Bupati Agam tinjau pembangunan prasarana batang aia katiak, Nagari Biaro Gadang

Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman tinjau pembangunan prasarana batang aia katiak, di Jorong Biaro, Nagari Biaro Gadang, Kecamatan Ampek Angkek, Kamis (16/9).

 

Informasi dari pekerja, prasarana ini dibangun berupa penguatan tebing, dengan tinggi pasangan 1,8 meter, lebar atas 4,5 meter, lebar bawah 3,6 meter dan panjang batang aia sekitar 200 meter.

"Ini merupakan proyek provinsi dengan anggaran Rp.658 juta lebih, lama pengerjaan 150 hari kalender dan telah dimulai sejak awal Agustus 2021," ujar Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman. Menurut bupati, batang aia ini sudah selayaknya dilakukan perbaikan, karena ketika hujan turun yang membuat volume air meningkat, maka air itu meluap ke lahan pertanian dan permukiman masyarakat.

 

"Apalagi rencananya di kawasan ini kita juga akan membangun sebuah perguruan tinggi, tentu sebelumnya sarana prasarana pendukung harus diperbaiki dahulu," sebutnya. Dengan begitu, ia berharap proyek ini berjalan lancar dengan hasil yang maksimal, sehingga masyarakat tidak lagi khawatir akan luapan air ketika hujan melanda.