Pemkab Agam Dapat Aspresiasi, 5 Kali Raih WTP

Pemkab Agam mendapat Aspresiasi dari Pemerintah Pusat berupa penghargaan khusus dari Menteri Keuangan RI berkat sukses mempertahankan prestasi opini wajar tanpa pengecualian (WTP), atas laporan keuangan kegiatan pemerintah, selama 5 kali berturut-turut, Selasa (22/9/2020).

Aspresiasi Pemerintah Pusat terhadap prestasi dan kinerja pengelolaan keuangan tersebut, disampaikan langsung Menteri Keuangan Sri Mulyani secara virtual dari Jakarta, yang diterima Bupati Agam H.Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah, didampingi Sekab.Agam H. Martias Wanto Dt.Maruhun, Inspektur Agam, Dafrines, kepala BKEUDA, Agam Hendri, G .

Bupati Agam mengatakan, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian Keuangan atas transparansi dan akuntabilitas pelaporan keuangan daerah. Penghargaan itu sekaligus meningkatkan marwah Kabupaten Agam di tingkat nasional.

“Apresiasi ini menunjukkan, bahwa marwah Kabupaten Agam makin meningkat secara nasional. Ketika orang melihat Agam sering menerima penghargaan di tingkat nasional, maka orang jadi tertarik meniru Agam,” ujarnya.

Apresiasi, yang diberikan Menteri Keuangan tersebut, makin menguatkan konsistensi Pemerintah Kabupaten Agam dalam melakukan transparansi dan akuntabiltas keuangan daerah.

Predikat opini WTP, yang berhasil diraih Agam berturut-turut, juga merupakan hasil kerja keras semua pihak, baik eksekutif dan legislatif, serta dukungan masyarakat dalam mewujudkan tata kelola keuangan pemerintah yang baik.

 “Tanpa konsistensi, tanpa semangat dan kesungguh-sungguhan, tidak mungkin kita dapat mempertahankan prestasi berturut-turut ini,” ujarnya pula.

Ia menyebutkan, banyak fasilitas pemerintah yang dibangun dari bonus apresiasi di tingkat nasional tersebut. Pihaknya komit untuk terus mempertahankan, dan meningkatkan pengelolaan dan pelaporan keuangan daerah.

Di masa sulit pandemi Covid-19, ia berharap Pemkab.Agam terus transparan dan akuntabilitas keuangan daerah.

Bupati berharap Prestasi opini WTP ini dapat memotivasi semua pihak untuk lebih meningkatkan konsistensi pengelolaan keuangan daerah, serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Badan Keungan Daerah (Bakeuda) Agam, Hendri. G menyebutkan, sejak tahun 2014 Kabupaten Agam berhasil meraih opini WTP atas laporan keuangan pemerintah daerah, yang dievaluasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Sebenarnya Kabupaten Agam sudah 6 kali menerima WTP. Namun tahun 2014 menerima WTP dengan catatan, sehingga tidak dihitung oleh Kementerian Keuangan. Opini WTP merupakan penghargaan tertinggi dalam transparansi dan akuntabilitas pelaporan keuangan," ujarnya.


Share This Post: