Pemkab Agam antisipasi Penyebaran Virus Cobid19, Ajak Masyarakat Cadangkan Kesiapan Pangan

Agam, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam ajak masyarakat untuk lakukan cadangan pangan dengan memanfaatkan pekarangan dan sekitar untuk menanam sebagai kesiapan langkah antisipasi dampak penyebaran Covid19, ungkap Kepala Dinas Pertanian Agam Arief Restu, Sabtu (28/3/2020).

Arief Restu menambahkan, semua itu sesuai instruksi Bupati Agam untuk mengajak dan mengingatkan masyarakat agar tidak perlu resah dan cemas dalam menghadapi pencegahan penyebaran virus Covid19.

Pemkab Agam sebagai daerah surplus beras dan sayuran, saat ini pemerintah daerah tegah menyiapkan berbagai paket kebijakan pangan dan operasi pasar khusus.

Saat ini, Pemkab Agam sudah cadangkan khusus beras di gudang bulog dan diproyeksikan cukup untuk memenuhi kebutusan masyarakat, tegas Arief Restu.

Selain itu. Sebanyak 20 ton garam siap konsumsi diamankan di gudang khusus, kata Arief Restu.

Semua itu, merupakan wujud kesiapan Pemkab Agam melalui Tim Gugus sebagai Tugas percepatan Penangganan (GT2P). Covid19 Agam khusus dalam mempersiapkan dukunhan pangan untuk masyarakat dalam menyikapi situasi tanggap darurat yang diperlihatkan secara nyata.

Dan, untuk proses penurunan 20 ton garam yang akan dibagikan pada masyarakat pada waktunya sesuai perkembangan kondisi, yang akan dilakukan langsung tim gabungan dari Satpol PP Damkar, BPBD dan Dishub.

Semuanya itu, sesuai dengan program Agam Menyemai, cadangkan sayuran, bumbu dapur dan cabe di pekarangan dan linglungan tempat tinggal sekitarnya.

Arief Restu, mengajak seluruh masyarakat, mari bersama-sama mencegah penyebaran virus covid19 dengan menghindari tempat keramaian seperti pasar, penuhilah kebutuhan dasar rumah tangga dari sumber gizi disekitar kita, manfaatkan pekarangan rumah dengan menanam sayuran dan memelihara unggas, sehingga kita tetap sehat saat berada di rumah sampai waktunya nanti tiba kembali seperti biasa.


Share This Post: