Dua Unit Rumah Tergenang Dampak banjir bandang di Kecamatan Ampek Nagari

Agam, Dampak banjir bandang di Kecamatan Ampek Nagari Pasca Hujan Lebat Kamis Sore (19/3/2020) menyebabkan tergenangnya 2 unit rumah di Jorong Alahan Siriah Nagari Batu Kambiang, masing-masing milik Rusman,(65) dan Dt. Simarajo, yang sudah dievakuasi ke rumah keluarga terdekat, ungkap Hendra Kasi.Ops.Damkar Dinas Satpol PP dan Damkar Agam, Jumat (20/3/2020).

Hendra menambahkan, warga yang terjebak banjir bandang susulan di wilayah Ampek Nagari, Kamis,(19/2) malam berhasil dievakuasi tim rescue gabungan.

Proses evakuasi warga yang terjebak di pulau kecil di areal sungai ditengah terjangan banjir besar akibat luapan sungai Batang Bawan itu, berlangsung dramatis, karena kondisi cuaca buruk, dengan kondisi penerangan yang minim.

Supiyono,(50) warga yang terjebak di pulau kecil di aliran sungai Batang Bawan itu, berhasil dievakuasi menggunakan perangkat khusus tali penggait dengan waktu yang cukup panjang, karena tim evakuasi menunggu debit air banjir sedikit berkurang, untuk mengurangi resiko. Korban yang terjebak sejak pukul 15.30 WIB, berhasil dievakuasi pukul 20.30 WIB.

Selain warga, air menggenangi masjid Baiturahman di Jorong Kampung Melayu Nagari Sitalang, kecamatan Ampek Nagari dan akibat banjir bandang susulan tersebut kengerian warga, karena debit banjir yang memenuhi aliran sungai Batang Bawan sangat besar, bahkan tim gabungan penanganan pasca bencana banjir bandang Ampek Nagari berhasil menyelamatkan diri dan alat berat yang sedang bekerja.

Saat ini proses penanganan pasca bencana di Ampek Nagari masih berlangsung terutama pembersihan aliran sungai Batang Bawan yang dipenuhi kayu dan batu- batu besar yang dihanyutkan banjir bandang sebelumnya, tutup Hendra mengakhiri.


Share This Post: