Sebanyak 586 Unit Rumah MBR Di agam Dapat BSPS

Agam, Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Pemerintah Pusat kembali memperoleh bantuan untuk merehabilitasi 586 unit rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) tahun 2020, ungkap Kepala Bidang Perumahan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Agam, Rudi Hendri, Selasa (17/3/2020).

Rudi menambahkan, bantuan tersebut merupakan program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang masing-masing rumah dibantu Rp17,5 juta.

Bantuan itu terdiri dari dua sumber, yaitu DAK sebanyak 126 unit, APBN yang dikelola Pemprov Sumbar, melalui Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) sebanyak 460 unit.

“Untuk program ini kita mengusulkan kepada Pemerintah Pusat sebanyak 1.400 unit, tapi yang disetujui hanya 586 unit,” ujar Rudi.

Selain itu, bantuan diberikan berupa bahan bangunan, dan uangnya langsung dikirim ke rekening toko. Dana dikirim setelah pemilik toko mengirim bahan bangunan ke lokasi, mengenai upah tukang dikirim langsung ke rekening pemilik rumah. Selama pekerjaan akan diawasi oleh fasilitator dan tim dari Pemerintah KabupatenAgam.

Kabupaten Agam memperoleh BSPS sejak tahu 2016 dengan jumlah yang cukup besar dan paling cepat awal April 2020 pekerjaan sudah bisa dimulai, tutup Hendri Mengakhiri.

 


Share This Post: