Bupati Agam Tinjau Sumber Air Bersih Di Bawan

Air sebagai salah satu unsur pokok masyarakat dalam menjalani kehidupannya, memang perlu diperhatikan oleh banyak kalangan, terutama Pemerintahan Daerah. Dalam rangka pengadaan sumber air bersih, Bupati Agam, Aristo Munandar meninjau sumber air bersih di Jorong Bawan, Kecamatan IV Nagari, Senin (11/10).

Bupati Agam, Aristo Munandar yang didampingi Kadis PU, Ir. Ahmad Cahyadi, Kepala Bappeda, Drs. Suardi Yunus, Kepala PDAM, Iwan Tirta dan Camat IV Nagari, Yuliswen, S.Sos beserta muspikanya, turun ke lapangan meninjau sumber air bersih yang berasal dari air terjun yang ditemukan di Bawan yang dapat digunakan oleh masyarakat sekitarnya yang selama ini masih menggunakan air tadah hujan yang kurang sehat karena mengandung debu dan kemungkinan polusi lainnya, pasalnya setelah dilakukan riset dan penelitian oleh dinas terkait dinyatakan, air terjun tersebut bersih dan dapat digunakan oleh masyarakat sekitarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati mengatakan, “gembira dan bangga dengan jorong Bawan yang sudah memiliki sumber air bersih yang dapat dimanfaatkan untuk mesjid dan rumah-rumah penduduk dan Pemda Agam berjanji akan mengembangkannya guna membantu masyarakat dan memberikan penghidupan yang layak terhadap penggunaan air bersih dan sehat.

Sumber air bersih yang ditemukan di Jorong Bawan terdapat sekitar 1,5 Km dari jalan raya itu memiliki medan yang sedikit sulit, pasalnya terdapat diarea mendaki dan menurun sampai menuju ke lokasi.

Untuk merealisasikan pengembangan sumber air bersih, Bupati minta, PDAM dan Dinas PU Agam, mengkaji lebih lanjut kapasitas dan kondisi air terjun, sehingga benar-benar dapat membantu masyarakat. Pengembangan itu hendaknya dapat melibatkan masyarakat Kecamatan IV Nagari sendiri dan pihak lain yang bisa mendukung proses percepatan pengembangannya, misalnya PT. AMP yang memiliki kapasitas dalam ha itu. (Revi, Telematika dan PDE, Bagian Humas Agam)