KUKI Terima Dana Revolving Rp. 10 Juta

Kelompok Usaha Kolam Ikan dan Itik (KUKI) Padang Tarok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam terima dana bantuan revolfing Rp10 juta. Bantuan itu diserahkan Bupati Agam, Drs. H. Aristo Mu nandar, Rabu (19/1), di Sekre tariat KUKI di Jorong Mancrmg. Bantuan yang berasal dari Pemkab Agam itu, Untuk pengembangan usaha yang digeluti anggota kelompok. Kepada penerimanya, Bupati Aristo berharap agar dana tersebut dapat dikembangkan sesuai dengan usaha. Sebab, KUKI Padang Tarok dinilai cukup berhasil dalam mengembangkan usahanya mela lui pembinaan pihak terkait.

Salah satu keberhasilan kelompok dalam mengembangkan usaha adalah keterbukaan antara pengurus dengan anggota. Kemudian, kelengkapan administrasi yang baik.

Dikatakan, keberhasilan suatu kelompok dilihat dari perjalanan administrasinya. Dengan melihat kenyataan di lapangan, Aristo meyakini KUKI Padang Tarok yang pengurus dan anggotanya banyak generasi muda, bisa lebih mengembangkan usahanya.

Sebelumnya, Walinagari Padang Tarok, Z. Dt. Pamuncak Majo Lelo menjelaskan, dengan adanya bantuan revolfing Pemkab Agam diharapkan usaha KUKI lebih berkembang dalam usaha budidaya ikan dan ternak itik ke depan.

Dijelaskan, Z. Dt. Pamuncak Majo Lelo, prospek KUKI ke depan cukup cerah, karena air yang bersumber dari irigasi Mangkudu aliran Batang Agam cukup memadai. "Tentunya diharapkan akan tumbuh kelompok yang baru," ujarnya.
Salah seorang pengurus KUKI Padang Tarok Intan Zaid mengatakan, keberhasilan kelompok mengembangkan usaha, selain kebersamaan anggota juga berkat pembinaan dari pihak terkait serta bimbingan dari pemerintahan nagari dan lembaga yang ada di nagari.

Dijelaskan, anggota kelom pok 12 orang, diketuai Kasnadi, Sekretaris Bambang Irwanto, Wakil Sekretaris Eka Afrita, Bendahara Karinal, sedangkan ketua Unit Koperasi Simpan pinjam, Intan Zaed.
Usaha kelompok saat ini tengah mengembangkan budi daya ikan nila gib, dan menggerakkan koperasi simpan pinjam.

Untuk pengembangan unit usaha koperasi diharapkan bantuan dana pembinaan dari Koperindag Kabupaten Agam dan pihak lain. "Modal awal Koperasi KUKI ini hanya Rp 5 juta yang diambil dari dana bantuan revolfing," kata Intan Zeid.
( Sumber SKH Singgalang )