Agam Miliki Produk Olahan Spesifik

Kabupaten Agam memiliki potensi produk olahan yang prospek cerah yang akan mampu meingkatkan kesejahteraan rakyat. Kepala Dinas ( Plt ) Peperla Ir. Helios Reynondeva mengatakan jenis produk olah yang saat ini dikembangkan di Agam adalah Dadiah di IV Koto, Cancang Tulang di Baso, pengolahan dendeng di Tiku dan Tanjung Raya, Bada Asap Salai di Tanjung Raya dan Teri Kering di Tanjung Mutiara. Produk ini menjadi Spesifik tersendiri dan adalah produk khas masing-masing Kecamatan.

Namun demikian menurut Helios saat ini kondisi produk olahan belum mendapatkan sentuhan dari Pihak Pemerintah, termasuk Dinas Peperla Sendiri, pengolahan produk ini masih sangat sederhana dan tradisional, sehingga produk ini belum bisa kita pasarkan ke pasar Swalayan dan Mall. Disamping itu sangat diharapkan Investor menanamkan modalnya pada Produk olahan spesifik tersebut.

Karena itu tahun ini, Dinas Peperla mulai melakukan pelatihan kepada masyarakat yang bergerak dibidang Produk Olahan melalui progaram, Hazard, Analisisys, Centrical, Control Poit ( HACCP ). Progaram ini meraupakan program kerjasama dengan Pusat Pengembangan SDM Departemen Pertanian.
( Sumber SKH Singgalang )


Share This Post: