Sebanyak 82 wali nagari se-Kabupaten Agam dilepas secara resmi oleh Bupati Agam Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang, Sum..." /> Sebanyak 82 wali nagari se-Kabupaten Agam dilepas secara resmi oleh Bupati Agam Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang, Sum..." />

82 Wali Nagari se-Agam Studi Banding

Sebanyak 82 wali nagari se-Kabupaten Agam dilepas secara resmi oleh Bupati Agam Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang, Sumatera Barat, mengikuti studi banding dan praktek lapangan ke Kabupaten Bantul Provinsi Yogyakarta dan Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat, Senin (20/2).

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Nagari Kabupaten Agam Edi Busti mengatakan, agenda di Kabupaten Bantul tentang sistem pemerintahan desa dan pelaksanaan manajemen pengelolaan sampah, sedangkan di Kabupaten Kuningan, materi tentang manajemen pengelolaan badan usaha milik desa (Bum Des).

" Kegiatan studi banding yang dilakukan berdasarkan surat perhimpunan wali nagari se-Kabupaten Agam (Perna) No 02/Perwana/I/2012 tanggal 12 Januari 2012".

Menurut Edi Busti, kegiatan studi koperatif dan praktek lapangan ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman wali nagari dalam pengelolaan pemerintah serta dalam upaya mengoptimalkan pengelolaan potensi sumber daya nagari untuk peningkatan dan pendapatan nagari.

"Perlu dilakukan kegiatan studi komperatif dan praktek lapangan ke daerah lain yang memiliki sistem pengelolaan sumber daya yang sudah tertata dan terlaksana dengan baik," kata Edi Busti

Sedangkan tujuannya yakni, menambah wawasan dan pengetahuan bagi wali nagari dalam melaksanakan fungsi pelayanan masyarakat, memperoleh pembelajaran untuk pembangunan dan pemanfaatan potensi dan sumber daya yang ada di nagari untuk peningkatan pendapatan nagari dan mempercepat proses pelaksanaan tugas-tugas pemerintah.

Selain 82 wali nagari, juga ikut mendampingi instansi terkait lainnya seperti, Asisten Pemerintahan, Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Bappeda, Koperindag dan lain sebagainya.

Sumber : Bagian Humas Setda Agam