Pemerintah Kabupaten Agam, melakukan memorandum of understanding (MOU) dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dalam penyebaran dan pemanfaatan lokasi..." /> Pemerintah Kabupaten Agam, melakukan memorandum of understanding (MOU) dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dalam penyebaran dan pemanfaatan lokasi..." />

Pemkab Agam Lakukan MoU dengan LAPAN

Pemerintah Kabupaten Agam, melakukan memorandum of understanding (MOU) dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dalam penyebaran dan pemanfaatan lokasi daerah untuk pelaksanaan pengembangan teknologi pengindraan jarak jauh dengan satelit dan penerapan untuk mendukung penerbangan daerah.

Penanda tanganan memorandum of understanding (MOU) dilakukan oleh Bupati Agam Indra Catri dan Sekretaris Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Drs Sri Kaloka Prabotasari di Mess Bupati Agam Balakang Balok Kota Bukittinggi.

Sekretaris Lapan (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) Drs.Sri Kaloka Prabotosari mengatakan tujuan dilakukan kesepakatan kerjasama ini untuk pengembangkan dam membantu kerja aparatur pemerintahan daerah khususnya Kabupaten Agam dalam hal penelitian, pengembangan teknologi sistem akuisisi dan stasiun bumi dan pengolahan data.


Serta pengembangan bank data penginderaan jarak jauh dan mempermudah LAPAN memberikan informasi hasil pelaksanaan program penelitian, pengembangan, perekayasaan, sains dan teknologi kedirgantaraan, serta pemanfaatan dan pelayanan kepada pengguna, ungkapnya.

Selain itu, ini juga sesuai dengan program dan kegiatan LAPAN melakukan penelitian yang merupakan tugas, fungsi dan kewenangan LAPAN selama ini.

Ruang lingkup yang akan disepakati dalam kerjasama ini yakni, penataan atmosfer dan iosfer untuk prediksi iklim, komunikasi radio di Kabupaten Agam dan peningkatan kemampuan sumber daya manusia di lingkup Kabupaten Agam dalam bidang penelitian atau pengembangan teknologi pengudaraan jarak jauh satelit atau penerapan untuk pengelolaa, serta produksi informasi sumber daya manusia berbasis pengindraan jauh satelit.

Sri Kaloka berharap dengan kerjasama yang dijalin LAPAN dengan Pemerintah Kabupaten Agam semoga bermanfaat bagi masyarakat luas dan menjadi inspirasi dalam pelaksanaan kegiatan LAPAN selanjutnya

Pada kesempatan itu, Bupati Agam Indra Catri berharap agar kerjasama ini bermanfaat bagi Pemkab Agam, karena Kabupaten Agam merupakan salah satu daerah supermarket bencana di Sumbar.

Untuk itu, agar kerjasama ini dapat ditinjak lanjuti dan berjalan dengan baik dimasa akan datang untuk pembangunan daerah ini.

Sumber : Bagian Humas Setda Agam