Guru-guru profesional yang ditunjuk untuk menulis dan merakit soal ujian ini agar memperhatikan validitas dan reliabilitas soal, sebab dengan valid dan reliabelnya soal..." /> Guru-guru profesional yang ditunjuk untuk menulis dan merakit soal ujian ini agar memperhatikan validitas dan reliabilitas soal, sebab dengan valid dan reliabelnya soal..." />

Disdikpora Agam, Ukur Ketercapaian Proses Pembelajaran

Guru-guru profesional yang ditunjuk untuk menulis dan merakit soal ujian ini agar memperhatikan validitas dan reliabilitas soal, sebab dengan valid dan reliabelnya soal akan dapat mengukur ketercapaian proses pembelajaran.

Hal itu diungkapkan oleh Drs. Erwin Umar, M.Pd Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga dalam membuka kegiatan penulisan dan perakitan soal ujian akhir sekolah untuk bidang studi Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika, Bahasa Inggris, IPA dan IPS berlangsung dari tanggal 06 s/d 07 Februari 2012 bertempat di Hotel Pasir Panjang Maninjau, Rabu (08/02).

Erwin menambahkan kegiatan ini bekerjasama dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) yang bertujuan untuk mencapai pendidikan nasional yang efektif, efisien dan produktif sehingga bagi siswa yang nanti mengikuti ujian akhir sekolah memahami soal-soal yang diberikan dan bagi para guru serta kepala sekolah memahami kisi-kisi soal yang dibuat, ujarnya.

Erwin juga mengingatkan serta mengajak untuk mensukseskan Program Bupati Agam tentang Manggrib Mengaji (GEMMAR), Agam Menyemai, kebersihan lingkungan serta WC bersih dan kegiatan ikhlas berzakat dengan menyerahkan sebesar 2,5 % dari gaji yang diterima, ulasnya.

Kedepan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga akan melakukan terobosan semaksimal mungkin untuk untuk mencari peluang-peluang yang bisa dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan baik dilihat dari segi fisik dan lebih penting lagi dalam peningkatan mutu pendidikan karena sudah saatnya pendidikan di Agam meningkatkan pelayanan di tingkat sekolah, ungkap Erwin.

Erwin berharap dengan menyelenggarakan kegiatan ini diharapkan di sekolah-sekolah nantinya memiliki front office yang tidak kalah dengan front office yang ada di hotel-hotel dan perbankan lainnya,  dengan pertama masuk diterima melalui pelayanan yang prima dan menyenangkan, saya yakin akan terjalin kenyamanan serta ketenteraman di sekolah sehingga mutu pendidikan yang berkualiatas di Agam dapat kita buktikan, kandasnya.

Syafri Effendi, S. Pd selaku ketua pelaksana Ujian Nasional dan Ujian akhir sekolah untuk sub rayon III kabupaten Agam didampingi pengurus lainnya mengharapkan kepada para guru-guru yang dipercaya untuk menulis soal ini diharapkan terlebih dahulu dilakukan dengan pemetaan materi dan soal, membuat kisi-kisi soal dan dilanjutkan dengan penulisan kartu soal serta jagalah kerahasiaan soal ini karena merupakan rahasia Negara, kami yakin sebagai guru yang profesioan tidak akan mamu membocorkan soal ini kepada peserat didik, ungkapnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh ketua MKKS SMP terpilih Firzal, S.Pd. MM yang didampingi oleh pengurus lainnya Maspirba. AR, S.Pd. Drs. Yoserizal, Rahma Edvita Zetri, S. Pd dan Imwarizal, S. Pd. MM.

Sumber : Bagian Humas Setda Agam