Agam Terus Tingkatkan Sektor Produksi Ikan Air Tawar

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Agam terus lakukan pembinaan  dan pengembangan di beberapa tempat di wilayah kecamatan untuk meningkatkan sektor produksi ikan di daerah tersebut dalam mewujudkan sentral ikan terbesar di Sumatera Barat. "Potensi perikanan jenis ikan air tawar yang mendonan dihasilkan pembudidayaan berupa, Ikan Mas, Nila dan Lele di Kabupaten Agam terdapat di Kecamatan Tanjung Raya yaitu Danau Maninjau sebagai kawasan sentral minapolitan, Kecamatan Lubuk Basung, Palembayan, Kamang Magek, Tilatang Kamang dan Baso," kata Hariyati Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Agam, Senin (06/02).

Menurutnya,  potensi ikan air tawar terutama Danau Maninjau menyumbang produksi ikan terbesar di Agam berupa Ikan Nila dengan produksi seharinya sebanyak 20 - 30 ton perharinya dengan luas lokasi 9.737 ha mempunyai potensi ikan sebanyak 37.180 ton ikan pertahunnya. Untuk distribusi pemasaran ikan lansung menuju Pekan Baru, Muaro Bungo, Jambi, Sumatera Utara dan Pulau Batam. Sedangkan, sungai mempunyai luas area 217.212. ha, Kolam air tenang yang ada saat ini sebanyak 621 ha potensi sebanyak 3.225 ha, Kolam air deras sebanyak 185 unit dengan potensi pengembangan sebanyak 479 unit  serta keramba irigasi sebanyak 52 unit dengan potensi untuk pengembangan bisa mencapai 1.000 unit.

Dengan didukung adanya Keramba Jaring Apung jumlah yang ada saat ini, sebanyak 12.415 petak, produksi 36.452 ton pertahunnya, sedangkan daya dukung danau menurut Badan Riset Kelautan dan Perikanan RI, produksi ikan maksimal di danau maninjau bisa mencapai sebanyak 37.180 ribu ton pertahunnya. Apalagi, dengan adanya kegiatan  mina padi saat ini sebanyak 460 ha, memiliki potensi  untuk dikembangkan mencapai sebanyak 1.675 ha, mina kebun rakyat sebanyak 2,8 ha memiliki potensi pengembangan sebanyak 180 ha.

Sedangkan untuk  sarana pendukung lainnya Usaha Pembibitan Rakyat (UPR) sebanyak 177 unit dengan luas area 95,61 ha. serta Balai Benih Ikan (BBI) memiliki 2 unit di Kecamatan Lubuk Basung dan Kecamatan Palembayan di Gumarang. Pihaknya, terus tiap tahunya melakukan pendataan kelapangan terutama petani yang memiliki lahan maupun kelompok masyarakat diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan mendukung program Pemerintah Kabupaten Agam yaitu gerakan "Agam Menyemai" ujarnya, mengakhiri.

Bag. Humas Setda Kab. Agam