Bupati Buka Kegiatan Khatam Al Quran di Koto Laweh

Bupati Agam H. Indra Catri Dt Malako Nan Putiah, menghadiri dan sekaligus meresmikan acara khatam Al-Quran MDA Mushalla Ar-Rahman, Jorong Koto Laweh Nagari Koto Tangah Kecamatan Tilatang Kamang, Minggu (5/2), bertepatan 12 Rabiul Awal 1433 Hijriyah. Indra Catri dalam sambutannya mengatakan, diibaratkan kita akan memasuki rumah, khatam Al Quran adalah kunci yang harus digunakan agar kita dapat masuk ke dalam rumah. Artinya, khatam Al-Quran merupakan kunci untuk masuk ke dalam Islam secara aman dan selamat.


"Khatam Al-Quran baru merupakan langkah awal dalam mempelajari dan mendalami isi dan kandungan Al-Quran itu sendiri. Untuk menjadikan anak kemenakan mau dan mampu membaca dan mengamalkan ajaran yang terkandung di dalam Wahyu Allah SWT tersebut merupakan tanggungjawab kita bersama," kata Indra Catri. Terdaftar sebagai peserta yang ikut khatam Al-Quran merupakan suatu kebanggaan yang paling berkesan, lebih besar kesannya daripada wisuda di perguruan tinggi. Semua masyarakat ikut menghadiri acara bernuansa Islami itu. Selama hidup hendaknya akan menjadi kenangan dan memberikan motivasi untuk selalu rajin membaca Al Quran, kata Indra Catri.

 

Bupati menambahkan, dengan digelarnya khatam Al Quran kiranya mempunyai bekas dan tidak berhenti membaca Al-Quran setelah ikut khatam. Dengan kerjasama dan pengorbanan baik moril maupun materil, masyarakat bahu membahu demi terlaksananya khatam Al-Quran. Untuk itu agar kegiatan itu memberikan manfaat dalam membentuk generasi yang kuat lahir dan batin.

Pada kesempatan itu Bupati Agam, Indra Catri menghimbau seluruh masyarakat untuk berperan aktif menyukseskan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam tentang thaharah masjid, WC bersih, imarak masjid, dan mahgrib mengaji yang merupakan langkah-langkah untuk memajukan Islam. Selesai pembukaan, Indra Catri menyerahkan reward berupa uang tunai kepada seluruh peserta khatam dan majelis guru MDA Mushallah Ar-Rahman. "Ke depan, jangan adalagi anak kemenakan yang tidak sekolah dan sakit yang tidak diobati, Berusahalah sekuat kemampuan agar pendidikan anak dapat dilanjutkan. Seandainya orangtua tidak mampu, mari kita persamakan dengan memberikan bantuan.

Sementara untuk mempertahankan agar pisik tetap sehat, rajinlah memakan makanan yang punya nilai gizi  baik. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran, hindari memakan makanan yang mengandung zat kimia. Disamping itu rajin memeriksakan kesehatan ke Puskesmas. Menfaatkan lahan di sekitar rumash dengan menanam berbagai jenis buah-buahan dan sayuran.,”demikian imbauan Bupati Agam, Indra Catri.


Di tempat terpisah, kepala sekaligus guru MDA Mushalla Ar-Rahman, Nasrul kepada AMC mengatakan, khatam Al Quran yang dilaksanakan 12 Rabiul Awal tepat memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW setiap tahunnya merupakan agenda rutin MDA dan masyarakat Jorong Koto Laweh. "Tahun ini murid yang dikhatam Al Qurannya sebanyak 13 orang terdiri dari, 7 laki-laki dan 6 perempuan. Setiap murid yang akan dikhatam Al Quran sebelumnya harus memenuhi 5 syarat yang telah ditetapkan",
Kelima syarat tersebut adalah, mampu membaca Al Quran dengan irama dasar, mampu melaksanakan praktik shalat mulai dari berwudhu’ sampai doa sesudah shalat, mampu membaca bacaan shalat mulai dari awal sampai akhir lengkap dengan terjemahannya, mampu melaksanakan praktik penyelenggaraan jenazah, dan harus hafal ayat pendek minimal 15 surat,”kata Nasrul.

Dijelaskan Nasrul, kelima persyaratan itu harus dapat dipenuhi siswa. Apabila tidak mampu maka khatam Al Qurannya ditunda tahun depan. “Satu minggu sebelum khatam kelima syarat telah dipenuhi murid akan distor kepada orangtua mereka, dan disaksikan oleh semua guru dan murid MDA lainnya. Tokoh masyarakat yang juga ninik mamak Jorong Koto Laweh, Dt. Bandaro Kuniang dalam sambutannya mengatakan, terselenggaranya khatam berkat kerjasama masyarakat baik yang di kampung maupun dari perantau. Perhelatan akbar ini tidak terlepas dari jerih payah dan kekompakan pemuda mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan yang sangat meriah itu.


Hadir dalam acara khatam Al-Quran itu Anggota DPRD Agam, Efendi. RM selalu sekretaris fraksi partai Golkar yang merupakan putra asli Jorong Koto Laweh, Camat Tilatang Kamang, Kurniawan Syah Putra, Kepala KUA, Ismail Roma, Ninik Mamak, Bundo Kanduang, masyarakat, dan undangan lainnya.

Bag. Humas Setda Kab. Agam