Satu unit rumah semi permanen di Pasar Bawan Nagari Bawan Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, hangus dilalap si jago merah saat rumah dalam keadaan kosong tanpa pen..." /> Satu unit rumah semi permanen di Pasar Bawan Nagari Bawan Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, hangus dilalap si jago merah saat rumah dalam keadaan kosong tanpa pen..." />

Satu Unit Rumah Semi Permanen Hangus Terbakar di Bawan

Satu unit rumah semi permanen di Pasar Bawan Nagari Bawan Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, hangus dilalap si jago merah saat rumah dalam keadaan kosong tanpa penguni pada Selasa (31/1) pukul 08:30 WIB.

Camat Ampek Nagari Syahrul Hamidi mengatakan, rumah semi permanen milik Baharudin (41) terbakar saat korban beserta empat anaknya tidak berada di rumah.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian sementara diperkirakan sebesar Rp30 juta." kata Syahrul Hamidi pada Reporter Agam Media Center.

Untuk mengatasi agar api tidak merembes kerumah tetangga, Badan Pemadam Kebakaran dibawah komando Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, menurunkan dua armada kebakaran dan langsung memadamkan api.

"Dua unit pemadam kebakaran sampai kelokasi sekitar 15 menit dan mereka langsung memadamkan api bersama warga yang telah lebih dulu melakukan pemadaman. 30 menit kemudian, sijago merah berhasil ditaklukkan," tambahnya.  

Pada kesempatan itu, pihak Kecamatan Ampek Nagari mengajak korban untuk bersabar menghadapi cobaan dan menggalang bantuan yang akan diserahkan untuk korban.

Terkait penyebab kebakaran, kata dia, pihak warga beserta saksi mata belum mengetahui darimana asal api. Informasi yang berhasil di himpun di lapangan kebakaran baru diketahui setelah api mulai membesar.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Agam Martias Wanto berkesempatan pula menyerahkan paket bantuan untuk para korban berupa tenda dan selimut untuk meringankan beban akibat kebakaran tersebut.

Sumber : Bagian Humas Setda Agam